Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Ibu Sakit Flu Bolehkah Menyusui?
Ibu Sakit Flu Bolehkah Menyusui?

Sakit flu (dengan gejala batuk dan pilek),  tidaklah tergolong penyakit yang menular lewat ASI. Jadi, tak perlu berhenti menyusui saat Ibu menderita flu. Justru risiko bayi tertular penyakit akan lebih besar bila Ibu  buru-buru mengganti ASI dengan susu formula atau makanan/minuman lain. Bukankah pada prinsipnya ASI adalah yang terbaik buat bayi? Dengan tetap menyusui, justru daya tahan tubuh bayi akan semakin meningkat.

 Jenis penyakit seperti flu, lebih sering ditularkan melalui tangan atau udara, bukan dari menyusui. Karenanya, saat Ibu sedang batuk pilek, pakailah selalu masker dan cuci tangan yang bersih sebelum memegang bayi untuk menyusui. Sebab, sering tanpa disadari, Ibu membasuh hidung yang pilek atau bersin tanpa sengaja di dekat bayi. Tentu saja kuman akan beterbangan, selanjutnya menulari bayi.

Ibu juga tak perlu berhenti menyusui hanya karena sedang minum obat flu. Umumnya obat  yang dijual bebas dengan berbagai merek aman untuk ibu menyusui. Ibu dapat membaca petunjuk dalam kemasannya dengan teliti. Tapi bila Ibu masih ragu-ragu,  berkonsultasi dengan dokter akan membuat Ibu semakain mantap sebelum  mengonsumsi obat.

Tags : ibu sakit flu bolehkah menyusui, menyusui, menyusui anak, menyusui bayi