Tips Ibu Cerdas

Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Olahraga saat hamil ternyata sangat dianjurkan. Banyak penelitian mengatakan bahwa latihan fisik ringan yang secara rutin dilakukan dapat membantu ibu hamil untuk melewati proses kehamilan hingga persalinan dengan lebih baik.

Manfaat yang didapat juga beragam dimulai dari memperbaiki suasana hati, lebih nyaman saat tidur, mengurangi rasa pegal dan sakit pinggang hingga lebih siap dalam menghadapi persalinan. Inilah lima jenis olahraga yang disarankan untuk ibu hamil.

1. Jalan kaki
Selama kehamilan, jalan kaki adalah olahraga terbaik yang bisa dilakukan. Selain ringan, latihan yang dapat memperlancar peredaran darah ini juga aman untuk ibu dan janin yang dikandung. Kegiatan ini juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, setidaknya ibu hamil dapat berjalan kaki selama 30 menit dalam satu hari. Bagi Anda yang ingin berjalan kaki di luar rumah, sebaiknya hindari jalan yang menanjak. Dan apabila mulai terasa pusing, sesak, maupun kram pada betis, sebaiknya segera berhenti dan mulai beristirahat.

2. Berenang
Untuk ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan saat mengandung dapat mencoba olahraga yang satu ini, karena dapat menurunkan berat badan. Selain itu dengan berenang Anda juga dapat melatih otot kaki dan tangan serta memiliki manfaat pada kinerja jantung. Anda tidak perlu khawatir tubuh akan terlalu lelah, ternyata olahraga ini relatif aman karena saat berada di dalam air, sendi-sendi akan terasa lebih ringan. Hal ini mengakibatkan ibu hamil tidak terlalu berat menopang tubuh. Gaya dada dan punggung menjadi pilihan yang cocok.

3. Yoga
Yoga merupakan olahraga yang tidak terlalu banyak menggunakan fisik. Yoga dapat melatih pernapasan dan relaksasi Ibu hamil yang sangat dibutuhkan nantinya saat persalinan. Sehingga latihan ini dapat mengurangi rasa cemas dan takut menjelang hari persalinan. Yoga juga  sangat cocok untuk ibu yang akan menjalankan persalinan pertamanya agar dapat menghindari stres.

4. Latihan beban
Latihan mengangkat beban akan tetap aman dilakukan selama masih dalam batas wajar, yaitu setengah lebih ringan daripada berat normal pada biasanya. Manfaat dari latihan ini adalah untuk mengurangi resiko cidera pada ibu hamil, membuat otot-otot di sekeliling sendi menjadi lebih kuat, dan untuk menjaga stamina tubuh. Latihan ini juga termasuk sederhana karena dapat dilakukan di rumah.

5. Senam hamil
Olahraga ini adalah yang paling banyak dipilih oleh ibu hamil, baik yang melakukan sendiri di rumah dengan panduan dari DVD hingga yang mengikuti kelas senam hamil yang dipandu oleh ahlinya. Senam ini akan membantu melenturkan dan menguatkan otot-otot yang akan mempermudah proses persalinan nantinya.

FOTO: BERENANG.JPG – WEBMD.COM

Kategori:
Tips Ibu Cerdas

SHARE