Contact Us

X
:
:
:
:
:
ARTICLE > CATEGORY > UNTUK BUNDA
Selalu Menangis Saat Keramas Cari Tahu Sebabnya
Selalu Menangis Saat Keramas Cari Tahu Sebabnya

Keramas  mungkin bukan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian balita.  Mereka bisa berteriak-teriak bahkan menangis saat Ibu mencoba mengeramasi dan membilas rambutnya. Penyebab paling umum hal ini adalah  rasa tidak nyaman saat  sampo atau air bilasan mengenai mata si kecil. Beberapa sampo bisa menyebabkan mata si kecil pedih. Sementara air yang mengucur deras di wajahnya, saat Ibu membilas, kadang membuat anak gelagapan,  serasa tidak dapat bernapas. Ini belum ditambah, bila si kecil dikeramasi dengan air dingin. Beberapa anak lebih memilih air hangat saat keramas, karena terasa lebih nyaman.

Beberapa tips di bawah ini semoga dapat mengurangi ketidaknyamanan si kecil saat dikeramasi:

  • Ajak anak bernyanyi lagu-lagu yang disukainya. Atau sambil belajar menyanyikan jingle MY BABY shampoo, pasti membuatnya gembira. Permainan air  yang menyenangkan ini  dapat membantu  anak mengatasi rasa takutnya.
  • Bila si kecil memiliki kakak, minta anak yang lebih besar itu untuk menunjukkan bahwa keramas itu menyenangkan dan tidak menakutkan.
  • Gunakan sampo  khusus yang  teruji klinis tidak menyebabkan iritasi pada mata dan kulit kepala buah hati, seperti  MY BABY Shampoo Soft & Smooth atau Black & Shine.  Formula sampo ini begitu lembut membersihkan rambut dan kulit kepala.  MY BABY Shampoo diperkaya dengan madu, alpukat, kemiri dan minyak zaitun untuk membantu merawat kesehatan rambut, melebatkan rambut, membuat rambut terasa halus dan lembut. 
  • Saat akan mengeramasi si kecil, tuangkan sampo di telapak tangan Ibu dulu, baru usap lembut ke kepala si kecil. Hindari menuangkan langsung sampo di atas kepala si kecil agar  sampo tak mengalir ke matanya.
  • Jika anak terganggu dengan bilasan air yang mengucur deras di wajahnya, Ibu bisa meminta si kecil untuk mencondongkan tubuhnya ke depan. Berikan anak handuk kering  yang dapat segera digunakan begitu air mengenai matanya.
  •  Beberapa anak yang lebih besar mungkin lebih suka menyiramkan air ke rambut mereka sendiri . Berikan gayung kecil, sehingga guyuran air tidak terlalu deras . Atau bila menggunakan shower, atur tekanan  shower  sehingga tidak membuat anak  gelagapan. Namun Ibu tetap perlu memastikan anak sudah membilas rambutnya dengan bersih.
  • Menggunakan topi keramas juga dapat membantu si kecil merasa lebih tenang saat dicuci rambutnya.
  • Cobalah mengeramasi anak dengan air hangat, terkadang itu akan membuatnya lebih nyaman.

Produk Terkait:
My Baby Shampoo Soft & Smooth

Tags : Selalu menangis saat keramas cari tahu sebabnya, mengatasi anak yang takut keramas, keramas, menangis