Na Ilona Tanjung
Menerapkan Konsep Strategi Pemasaran 4P Di Era Pandemi Secara Sederhana Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Dan Virtual
Diposting pada tanggal: 28-10-2020


34 Likes

Pandemi belum usai.. kita masih harus terus berjibaku dengan keadaan yang mengharuskan kita untuk tetap berjuang dan bertahan meski terasa sulit.

tidak sedikit keluarga yang mengalami penurunan keadaan finansial sehingga mencoba peruntungan dengan membuka bisnis rumahan agar pemasukan tidak hanya dari satu keran saja.

Dalam hal ini biasanya ibu rumah tangga yang paling sering berinisiatif dalam mengkonsep usaha baru ataupun pengembangan usaha rumahan yang sudah berjalan.

Bicara tentang bisnis dan usaha rumahan tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan konsep strategi pemasaran 4P yang sering diterapkan oleh para pelaku bisnis.

Dan kali ini saya ingin berbagi tips Bagaimana cara sederhana menerapkan konsep strategi pemasaran 4P untuk bisnis di era pandemi yang bisa di lakukan oleh Mompreneur Khususnya Bisnis Rumahan Di Masa Pandemi. Tips ini berhubungan dengan kelas Momversity My Baby ID yang pertama yaitu Digital Financing


Seperti kita tahu konsep strategi pemasaran 4P yang di cetuskan oleh Neil Borden sebenarnya adalah pengembangan dari gagasan marketing mix yang di cetuskan oleh Culliton. Banyak pemilik perusahaan di Indonesia yang juga menerapkan konsep ini di perusahaan nya dan terbukti berhasil.

4P sendiri adalah gabungan dari Product, Price, Place and Promotion namun apa yang bisa kita lakukan sebagai seorang Mom dalam menerapkan konsep strategi pemasaran ini di masa pandemi? berikut tips sederhana dari saya


A. Product

1. Jika Mom baru saja ingin membuka usaha, Pilihlah produk atau jasa yang banyak dicari oleh berbagai kalangan masyarakat untuk menenuhi kebutuhan mereka di masa pandemi.

Contoh : Produk kesehatan anak dan keluarga, Cemilan, Skin Care, jastip produk populer yang sedang sale, Starter Pack Content Creator seperti Tripod, Ringlight dll.

2. Agar tidak banyak mengeluarkan modal Mam bisa menggunakan sistem open po dengan DP, dropship atau ready stock terbatas.

3. Jika Mom memilih menjadi produsen Maksimalkan semua peralatan di rumah yang mom punya agar tidak over budget dalam pengeluaran modal.

4. Jika mom memilih untuk menjadi reseller, survei berkali-kali hingga mendapatkan produsen yang tepat dengan harga terjangkau, produk yang aman dan minimal order yang seminimal mungkin. Dalam hal ini mom bisa survei di e commerce, melalui hashtag instagram maupun turun langsung blusukan ke toko toko atau pasar tradisional untuk mendapatkan data base supplier/produsen.


B. Price

1. Mengingat daya beli masyarakat yang kini juga sedang lemah karena pandemi, sebaiknya kita menerapkan konsep faktor kali dalam menentukan harga. Misalnya untuk produk cemilan sebagai awalan kita bisa menyediakan kemasan kecil dengan harga terjangkau ketika customer kita suka mereka akan beli lebih banyak sehingga walaupun untung per item tidak besar namun menjadi banyak karena faktor kali dan besar kemungkinan customer akan repurchase kemasan yang lebih besar.


C. Place
Berada di era digital membawa dampak positif tersendiri bagi pelaku usaha, salah satu nya adalah kita bisa membuka usaha tanpa menyewa tempat usaha yang besar, bila perlu stock barang dan produksi kita lakukan dari space kecil di rumah. Sebagai gantinya manfaatkan semua platform digital yang ada dari mulai jejaring sosial, Grup Whatsapp maupun telegram hingga aplikasi dance langkah yang bisa mom terapkan antara lain :

1. Tidak mencampur aduk nomor Wa, line dan sosial media pribadi mom dengan akun usaha yang mom jalani.

2. Buatkan nomor Wa, email, line, instagram, facebook, Twitter, telegram dan Tiktok khusus untuk bisnis/produk yang mom pasarkan.

3. Bergabung di banyak komunitas karena pada umumnya beberapa komunitas memiliki program market day.

4. Karena sosial media adalah etalase maka buat lah semenarik mungkin, pelajari tentang foto produk dan buatlah katalog digital dengan kualitas foto yang baik, feed yang rapih dan jadwal posting rutin.


D. Promotion

Promosi adalah salah satu ujung tombak dari berjalannya sebuah bisnis/usaha namun kita juga perlu menyesuaikan biaya promosi dengan kemampuan budget dan modal yang kita miliki agar tetap though di masa pandemi ini. Berikut adalah tips promosi low budget melalui digital

1. Hindari membuat grup wa/telegram khusus customer karena customer biasanya kurang nyaman diundang kedalam grup yg di peruntukan untuk promosi, sebaliknya buat lah grup wa/telegram khusus untuk para mom yang juga memiliki usaha, buatlah konsep digital catalogue simple dan jadwalkan posting berjamaah di sosial media masing masing secara rutin dengan begitu calon customer akan lebih tertarik karena mereka bisa melihat banyak produk dalam sekali waktu.


2. Mom juga bisa berkolaborasi dengan ibu ketua RT/RW sekitar untuk melakukan promosi di grup Whatsapp arisan bulanan RT/RW setempat, dalam hal ini tidak hanya RT di sekitar tempat tinggal mom namun mom bisa menjangkau lebih luas lagi di RT RT lainnya dengan meminta izin untuk berkolaborasi terlebih dahulu. Jangan lupa siapkan materi yang simpel, menarik dan dengan kualitas gambar yang baik untuk di posting di grup grup Arisan tersebut. Biaya sistem promosi semacam ini relatif murah karena biasanya hanya dikenakan charge berupa uang kas RT yang nominalnya disepakati bersama.

3. Hindari juga Hard Selling seperti to the point mengajak customer berkomunikasi lalu mengarahkan customer untuk langsung membeli produk kita. Sebagai gantinya buatlah sesering mungkin konten di sosial media dan aplikasi dance, konten tersebut bisa berupa tutorial atau life hacks dengan menggunakan produk yang mom pasarkan untuk meningkatkan brand awareness.

4. Berkolaborasi dengan mom pelaku usaha lainnya untuk membuat give away di sosial media, ini juga berguna meningkatkan brand awareness produk kita.

5. Ikut aktif di market day berbagai komunitas.


Sejatinya sebagai seorang customer apa yang di priortaskan adalah apa yang customer butuhkan, maka sebagai pelaku usaha kita bisa mengambil peluang untuk menjadi solusi atas kebutuhan tersebut.

Demikian beberapa tips sederhana dalam menerapkan Konsep Strategi Pemasaran 4P yang bisa di terapkan oleh para Mom di masa pandemi, mari kita sama- sama belajar, sama-sama berusaha dan sama-sama berkarya agar tetap produktif di masa pandemi ini.

Semoga bermanfaat ya mom terima kasih..





Regards



Ilona Tanjung






Digital Financing