Inez Koerniawati
Yuk Jualan yang Seru dan Menguntungkan di Masa Pandemi
Diposting pada tanggal: 06-09-2020


33 Likes
Semenjak adanya pandemi akibat wabah virus corona, banyak dari kita yang memiliki penghasilan yang berkurang. Nah aku mau sedikit kasih tips nih agar bisnis jualan kita bisa tetap bertahan dan tidak terpuruk selama pandemic corona.

1. Otentik,
Apapun industri produk yang kita buat haruslah otentik agar produk memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki produk lain.
2. Memaksimalkan Media Sosial
Media sosial menjadi sarana berjualan yang ampuh di tengah masa pandemi seperti sekarang. media sosial yang digunakan untuk berdagang punya kekuatannya masing-masing lantaran jenis pasar tiap media sosial berbeda.
So, Unggah produk jualan ke sosial media lalu share ke teman-teman kita, atau jika punya modal kita bisa mengiklankannya. Biaya iklan di Instagram dan Facebook juga tidak mahal loh bisa beriklan mulai dari 50 ribu saja.
Aplikasi komunikasi seperti WhatsApp Business juga bisa memudahkan kita untuk berhubungan langsung dengan end-customer mereka dalam memproses transaksi loh.
Apabila kita tidak berniat membuat akun social media khusus produk jualan, tidak apa-apa. Cukup gunakan akun social media pribadi dan dapatkan calon pembeli dari kontak teman dan kerabat Anda. Pastikan kita membuat caption dan foto produk yang menarik supaya mendapat respon yang baik. Di sisi lain, cara ini akan efektif apabila kita punya banyak followers. Cobalah untuk sekreatif mungkin dan seagresif mungkin promosi via sosial media. Apabila kita punya kenalan yang punya banyak followers, kita bisa minta bantuan mereka buat promosikan jualan Anda biar cepat laris
3. Mencoba Menjadi Reseller
Kita bisa mencoba dengan menjadi reseller yang modalnya bisa dimulai dari Rp 500 ribu. Selain itu jika tidak ada modal menjadi reseller bisa menjadi dropshipper yang tanpa modal. Kiatnya hanya dengan mencari rekanan yang baik.
4. Berjualan sesuatu yang dibutuhkan saat Pandemi
Di tengah-tengah pandemi seperti ini tidak ada salahnya memprioritaskan menjual barang yang dibutuhkan. Karena dengan penyediaan barang yang dibutuhkan oleh orang-orang, selain bisa membantu hajat hidup orang banyak juga bisa mendapatkan keuntungan. Kita bisa mencoba untuk menjual produk yang sangat dibutuhkan masyarakat saat pandemic ini seperti misalnya jamu dan ramuan herbal, produk ini sedang banyak dicari orang. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya bisa kamu dapatkan dengan berbelanja di warung sayur.
5. Manfaatkan market place
Saat ini untuk membuat online shop tidak sulit, ada banyak marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang bisa kita manfaatkan untuk menjual produkmu. Kuncinya, tak boleh malas pelajari cara berjualan di marketplace. Lakukan riset, pelajari cara gratis dari internet, lalu praktikkan sendiri. Mulai dari buat logo sederhana produk Anda, pelajari cara upload foto produk, buat deskripsi produk hingga metode pembayaran/pengiriman. Kita bisa memanfaatkan lebih dari satu marketplace untuk jualan.
6. Memberikan diskon
Memberikan diskon kepada para pembeli menjadi salah satu cara berjualan yang sangat jitu di tengah pandemic. Pemberian diskon sendiri selain bertujuan agar para pembeli tertarik dengan barang yang dijual.
7. Melakukan Pelayanan Yang Cepat Dan Ramah
Meskipun di tengah-tengah pandemi, tidak jarang membuat pikiran panik, bagi para penjual khususnya penjual online sebaiknya bisa mengatasi hal tersebut. Karena para penjual harus tetap memberikan pelayanan yang cepat dan ramah. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan ramah, maka diharapkan bisa membuat usaha yang dijalankan tetap berjalan lancar seperti biasanya.
8. Melakukan Strategi Giveaway
Memberikan giveaway di tengah pandemi dirasa menjadi salah satu cara agar orang-orang mengetahui usaha online kita di instagram atau marketplace yang sedang dijalankan. Serta diharapkan agar orang-orang bisa membeli barang yang dijual di instagram atau marketplace yang dijalankan
9. Semakin Rajin Promosi
Semakin rajin promosi menjadi salah satu cara berjualan yang sangat jitu di tengah-tengah pandemic terutama untuk usaha online . Karena ditengah-tengah pandemi, orang akan lebih senang berbelanja online dibanding harus datang ke toko langsung. Maka dari itu, rajin-rajinlah promosi barang yang dijual baik itu di sosial media maupun di marketplace. Mempromosikan produk pun bisa dilakukan pada tiga waktu yakni pada pagi, siang, dan malam hari. Karena pada waktu-waktu tersebut orang-orang lebih banyak membuka sosial media atau marketplace. Dengan begitu saat promosi dilakukan, maka orang-orang pun bisa pas melihat produk yang dijual.
10. Menitipkan barang dagangan ke Warung
Kita bisa memanfaatkan warung-warung yang berada di sekitar tempat tinggal. Pastikan kita sepakat dulu dengan pemilik warung, dan memberikan komisi yang sesuai. Perhatikan kualitas produk jualan kita dan lebih baik lengkapi dengan contact person pada kemasan produk. Sebab, hal ini akan menguntungkan kita jika ada pembeli tertarik memesan dalam jumlah banyak.
11. Memberi Bonus Pada Setiap Pembelian
Selain memberikan diskon dan giveaway, memberikan bonus pada setiap pembelian menjadi salah satu cara berjualan agar tetap laris di tengah-tengah pandemi. Dengan pemberian bonus setiap pembelian, maka orang-orang pun akan senang dan tidak menutup kemungkinan untuk membeli barang kembali di toko kita.
12. Tetap Memperhatikan Kualitas Produk
Tetap memperhatikan kualitas produk merupakan cara berjualan yang sangat patut untuk diprioritaskan. Karena meskipun di tengah-tengah pandemi kualitas produk harus tetap diperhatikan baik itu dari segi barangnya maupun dari segi kehigienisannya.
agar para pembeli tidak kecewa dan merasa puas berbelanja.
13. Menjaga komunikasi terbuka dengan pelanggan
Wabah virus corona menyebabkan banyaknya ketidakpastian. Untuk itu, sangatlah penting bagi kita khususnya utk kita yang memiliki usaha online untuk melakukan komunikasi yang terbuka dan jelas dengan para pelanggan, sehingga mereka dapat memahami kendala-kendala seperti perubahan jadwal kirim, jadwal operasional, update stok barang, dan sebagainya. Saluran komunikasi penting untuk dijaga agar pelanggan tetap bisa loyal terhadap produk kita dan membuat keputusan pembelian dengan lebih baik.
14. Mempertahankan pola pikir positif
Berfikiran positif bisa menjadi kekuatan dalam hidup kita untuk menuju kesuksesan dan kebahagiaan. Jika kita menjalani segala aspek kehidupan dengan pikiran yang positif, kita bisa menghadapi semuanya dengan baik

Wuiih, Banyak khan tips dan trik yang dapat kita lakukan agar dagangan kita tetap eksis dan meraih keuntungan yang maksimal. Secara garis besar kesimpulannya adalah kita harus memanfaatkan teknologi dan jeli melihat kesempatan agar bisnis bisa terus bertahan selama pandemic COVID-19.

Semangat Berjualan !!

Digital Financing