Diyan Suhyeni
4 Tips Merawat Rambut Bayi Agar Senantiasa Sehat
Diposting pada tanggal: 29-10-2020


35 Likes
1. Mulai Rawat Ketika Mandi
Mandi adalah waktu yang tepat untuk memulai perawatan rambut. Cara memandikan bayi yang benar biasanya dimulai dari kepala, badan hingga ke kaki. Basuhlah secara perlahan kepala Si Kecil menggunakan air hangat.

Saat membersihkan kulit kepalanya, gunakanlah sampo khusus bayi. Bila perlu, pilihlah sampo yang dirancang khusus untuk kulit sensitif, yang tidak membuat iritasi pada kulit, seperti Produk dari MY BABY Hair & Body Wash sehingga dapat menjaga kelembapan dan melindungi kulit kepala bayi dari kekeringan.

Tidak perlu khawatir Ibu akan melukai mata si kecil, sampo ini diformulasikan secara khusus sehingga lembut dimata. Selain itu, kandungan alaminya juga sangat baik dari Aloe Vera & Avocado untuk pertumbuhan rambut.

Agar tidak keliru, cara keramas pada bayi tentu tidak sama dengan cara keramas orang dewasa. Anda tidak harus mencuci rambut bayi setiap hari. Cukup sesuaikan dengn ketebalan rambut si kecil.

Apabila rambut si kecil cenderung tipis, cukup cuci rambutnya 2 - 3 kali seminggu. Namun, bila rambut tebal, ada baiknya untuk mencuci rambut bayi 4 - 5 kali seminggu.

2. Cuci Hingga Kulit Kepala
Tidak hanya helai-helai rambut bayi saja yang perlu dibersihkan, kulit kepala juga merupakan bagian penting yang perlu dibersihkan.. Saat membersihkan kulit kepala, pastikan ibu memijatnya dengan lembut. Jangan terlalu menekan kulit kepalanya karena hal ini justru bisa membuat rambutnya rontok.

Ibu juga mesti memperhatikan kesehatan kulit kepalanya. Kulit kepala bayi yang terlalu lembap dan berminyak dapat menimbulkan kerak yang disebut "cradle cap" tidak hanya menimbulkan rasa gatal, kerak kulit kepala ini juga bisa menghambat pertumbuhan rambut bayi.

Selain membersihkan kulit kepala dengan sampo khusus bayi, ibu juga bisa memakai sikat gigi dengan permukaan yang halus untuk menghilangkan kerak dari kulit kepala si kecil. Pastikan, ibu menggosoknya dengan lembut dan perlahan, ya buibu..

Untuk membantu menghilangkan kerak dari kulit kepala bayi Anda, Ibu juga bisa memberikan MY BABY Baby Oil pada area kulit kepala yang dipenuhi kerak. Kandungan mineral oilnya dapat membantu mengembalikan kelembaban normal pada kulit bayi.

Selain itu, penting juga untuk menjaga kulit bayi tetap sejuk dan lembab. Biasanya, kulit kepala bayi akan mudah ditumbuhi kerak ketika sedang berkeringat. Hal ini tentu bisa mrnghambat pertumbuhan rambut bayi Anda.

3. Sisir Rambut Bayi Perlahan
Menyisir rambutnya secara hati-hati dan perlahan juga merupakan salah satu perawatan rambut bayi yang tidak boleh diabaikan. Pastikan Ibu memilih sisir yang memiliki sikat berbulu lembut. Tekstur kulit kepala bayi biasanya masih begitu lembut dan lunak. Itu sebabnya, Ibu tidak dianjurkan untuk menggunakan sisir dengan bulu sikat keras, atau seperti sisir yang dipakai orang dewasa.

Menyisirnya juga dapat membantu mengatur tumbuhnya rambut dan membersihkan kotoran yang masih menempel di kepala. Usahakan untuk tidak memakaikan berbagai aksesoris kepala secara berlebihan seperti mengikat rambutnya dengan kencang.

4. Perawatan Khusus Untuk Kulit Kepala
Hindari penggunaan sampo jika terdapat eksim kepala. Cukup bersihkan rambut bayi menggunakan air hangat. Setelah memandikannya, Ibu bisa mengoleskan Baby Oil dan MY BABY Baby Cream supaya kulit si kecil senantiasa sehat dan lembap.

Sebaiknya Ibu juga konsultasi dengan dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat ketika si kecil mengalami iritasi kulit dan eksim.

Itulah beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk merawat rambut bayi, jika setelah beberapa bulan, rambut si kecilpun akhirnya tumbuh sehat dan tebal, Ibu juga bisa memberikan perawatan yang lebih maksimal dengan menggunakan MY BABY Hair & Body Wash yang dapat membuat rambut bayi senantiasa tampak berkilau dan indah.

#TipsIbuCerdasMYBABY

Stay Healthy