Stacy Octavyanti
BAHAGIA DALAM KESEDERHANAAN
Diposting pada tanggal: 23-09-2020


56 Likes
Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas mengenai “Kekuatan Seorang Ibu Menjalani Digital World”, yakni dimana ada keinginan yang kuat disana akan ada hasil yang terbaik yang bisa kita peroleh. Melewati berbagai rintangan maupun kesulitan, tapi saya yakin semua Ibu itu adalah sosok wanita yang kuat terutama bagi anak-anaknya. Jadi untuk cerita yang lebih lengkap, kalian bisa baca artikel-ku tersebut dan jangan lupa kasih Likes-nya ya ????.

Nah, kalau sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana kita bisa memanfaatkan Dunia Digital dengan bijak dalam menghadapi Masa Pandemi seperti ini, maka pada tulisan saya kali ini akan dibahas mengenai bagaimana untuk tetap dapat Bahagia dalam kesederhanaan yang diakibatkan lagi-lagi karena Masa Pandemi ini. Sebelum membahas lebih lanjut, saya mau menyamakan persepsi terlebih dahulu mengenai istilah “kesederhanaan” yang akan saya ceritakan di artikel ini. Kesederhanaan disini bukan berarti hanya membahas orang-orang dengan kondisi keuangan dalam tingkat menengah kebawah melainkan bagaimana kita dapat menyikapi segala situasi dengan tetap kahagia karena kita terbiasa hidup sederhana terlepas dari status orang tersebut kaya atau miskin.

Dengan adanya kondisi Pandemi seperti ini telah membukakan mata saya bahwa dimungkinkannya sesuatu terjadi di kehidupan kita tanpa pandang bulu, tanpa melihat status keuangan kita, dimana kita tinggal atau berada, dan apapun pekerjaan atau usaha yang kita jalani. Semuanya itu sama-sama terkena imbas dari kondisi Pandemi ini. Itulah mengapa saya selalu mengajarkan anak saya untuk tetap dapat hidup dalam kesederhanaan di kondisi apapun. Kita harus punya empati dan dapat menghargai apapun yang kita miliki saat ini. Selalu bersyukur dan selalu percaya bahwa kita dalam kecukupan, niscaya kita akan bahagia karena bahagia tidak dinilai dari sekedar materi melainkan timbul dari dalam diri kita sendiri.

Pernyataan saya ini sedikit banyak terinspirasi dari Kelas Online yang saya ikuti dari MY BABY pada tanggal 19 September 2020 yang lalu. Ini kelas kedua yang saya ikuti dan saya merasa senang bisa mengikuti kelas-kelas online yang diadakan oleh MY BABY karena memberikan banyak manfaat bagi saya. Kelas kedua yang saya ikuti ini berjudul “STAY HEALTHY, BE HAPPY”. Topik Healthy ini tentunya diangkat juga salah satunya dikarenakan melihat kondisi Pandemi sekarang ini, dimana virus rawan berdatangan dan kita dituntut untuk bisa menjaga kondisi badan tetap fit agar tidak mudah tertular atau terjangkit virus. Badan yang sehat tentunya bisa memberikan efek positif pada diri kita yang dapat meningkatkan keceriaan dan kebahagian dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Banyaknya waktu yang kita habiskan di rumah tentunya bisa kita manfaatkan untuk kita bisa menjalani hidup yang lebih sehat dan tentunya punya lebih banyak waktu yang dapat dihabiskan dengan si kecilkan? Saya tergerak sekali dengan apa yang Franda sampaikan di dalam kelas Online ini bahwa kita bisa menyikapi dengan positif kondisi yang terjadi saat ini, dimana kita punya “Quality Time” dengan keluarga dan juga bagaimana kita menyikapi berita-berita yang banyak beredar secara digital dengan bijak. Jangan semuanya diambil mentah-mentah melainkan harus juga dicerna dan dipahami terlebih dahulu. Selain itu, meskipun Franda mungkin adalah sosok terkenal dari keluarga aktris/aktor tapi beliau juga setuju bahwa kita tidak perlu pusing mencari ide beraktivitas dengan anak, tidak perlu juga beli mainan atau aktivitas yang mahal-mahal, tidak perlu juga berkeluh kesah kalua kita tidak bisa jalan-jalan ke mall, karena sesungguhnya kita bisa tetap bahagia cukup dengan melihat anak dan keluarga kita bahagia.

Apakah kebahagiaan anak diukur dengan mainan yang mahal? Atau bahagia hanya karena bisa jalan-jalan keluar rumah setiap hari? Nyatanya tidak ya, mereka bahagia saat kita dengan bahagia menyediakan waktu kita bermain dan beraktivitas sederhana dengan mereka. Beberapa aktivitas sederhana yang sudah saya lakukan dengan anakku juga seringkali saya bagikan di Instagram anakku (@emilyhidayat), supaya bisa saling sharing dengan Ibu-Ibu lainnya. Sekedar berolahraga pagi di depan rumah atau melibatkan anak dalam kegiatan yang sedang kita lakukan, misalnya diajak main masak-masakan saat kita sedang memask atau bermain spons busa saat sedang mencuci piring. Hal sesederhanaan seperti itupun buat mereka sudah menjadi hiburan.

Terpenting adalah kita bisa terus mencari aktivitas sederhana baru yang menarik. Jadi yuk, sebagai Ibu yang cerdas kita harus dapat menyikapi segala sesuatunya dengan positif untuk hidup yang lebih bahagia. Daripada di rumah hanya sekedar rebahan atau bermalas-malasan, justru kita manfaatkan untuk hidup yang lebih sehat, menyiapkan makanan untuk keluarga yang sehat, berolahraga rutin Bersama anak sekaligus bonding time, dan terus mengembangkan diri, menambah ilmu, demi pribadi yang lebih baik. Semoga tulisan sederhana saya ini bisa memberikan semangat bagi teman-teman semua dan pastinya saya berharap bisa menjadi bagian dari Duta Ibu Cerdas MY BABY 2021 agar saya bisa terus mengasah kemampuan saya dan saling berbagi dengan Ibu Cerdas lainnya. Keep Healthy, Be Happy!

Stay Healthy