Esthy Agustin
Financial Tepat Keluarga Hebat
Diposting pada tanggal: 07-10-2020


34 Likes
Hallo moms,

Ngomongin topik diatas memang agak sensitif yaa, apalagi tahun ini kita mengalami perubahan di segala aspek kehidupan. Dan financial lah yg tampaknya menjadi salah salah satu hal yg berdampak besar bagi kita, apalagi yg telah memiliki keluarga. Seperti saya saat ini yg tengah berpikir keras untuk merubah strategi pola keuangan yg rasanya sebenarnya cukup sangat sulit. Namun untuk bertahan hidup kita memang harus melakukan perubahan.

Setelah mengikuti Webinar Class kemarin, ternyata byk manfaat dan menginspirasi sekali buat saya dan suami. Contoh kecil dari suami saya, setelah mencoba berfikir bagaimana dan harus apa, akhirnya Tuhan membuka jalan. Suami saya saat ini perlahan sedang membuat bisnis kecil jasa perbaiki smartphone setelah sebelumnya ia sangat suka ganti2 smartphone dari tipe dan merk yg berbeda. Setelah diamati, ia perlahan mengasah kemampuan yg dimilikinya untuk menggali lebih dalam tentang ilmu tersebut. Semenjak WFH, ia bisa memanfaatkan waktu kosong untuk belajar dan memahami tiap prosesnya dgn peralatan yg ada. Yaaa kami tidak kursus, kami tidak sekolah untuk mempelajari itu. Selama pandemi ia hanya memanfaatkan waktu yg ada untuk belajar.
Tapiiii pada akhirnya proses kerja keraslah yg tidak akan mengkhianati hasil. Sampai saat ini bisnisnya masih berjalan dgn baik dan perlahan ia mampu membeli peralatan yg lebih layak dgn hasil kerja kerasnya.
Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa "jangan memulai bisnis dengan hutang, tapi coba manfaatkan peralatan yg kita punya dulu untuk keperluan usaha".

Dan saya adalah seorang istri/ibu rumah tangga yg full time mengurus segalanya. Mulai dari bersih2 rumah, mengurus anak dan suami, bermain bersama anak, mendidiknya hingga menjadi chef alias memasak.
Selama pandemi, saya lebih mengutamakan masakan rumahan. Selain higienis, sehat ternyata juga hemat.
Naaahh memasak inilah yg membuka jalan saya untuk usaha karena tiap harinya saya selalu mencari ide masakan yg baru dari berbagai media informasi.
Dari acara webinar kemarin, saya dapat mengutip bahwa "sistem preorder penting untuk mengatur kestabilan Cash Flow bisnis".
Akhirnya saya bisa buka PO jika ada yg mau memesan hasil dari masakan yg saya buat. Walaupun orderan tidak terlalu banyak namun rasanya happy karena tidak ada makanan yg tersisa/terbuang akibat tidak terjual karena sistem Pre-Order tersebut.
Jadiii..."Kalau belum bisa melakukan suatu hal yg besar, cobalah untuk melakukan hal kecil dgn hebat".

Yuk moms tebarkan manfaat kepada org lain di tengah pandemi seperti ini. Semoga sharing saya kali ini dapat menjadi inspirasi untuk para keluarga hebat didunia.

Salam, Ibu Cerdas My Baby ????

Digital Financing