Afiani Septina Rahmawati
Finansial Sehat dan Selamat di Masa Pandemi
Diposting pada tanggal: 21-09-2020


94 Likes
Hai smart mom, semoga sehat selalu ya.
Pandemi Covid-19 saat ini memberikan dampak pada semua sektor, termasuk sektor ekonomi. Beberapa yang terdampak ada yang harus bekerja dirumah dengan pemotongan gaji ada pula yang harus dirumahkan dari pekerjaannya/ pemutusan hubungan kerja karena turunnya produktivitas di tempat kerjanya. Hal ini menyebabkan keuangan keluarga pun terkena imbasnya. Kondisi ini tentu membuat perubahan besar dalam pola keuangan keluarga, sehingga mengatur ulang keuangan keluarga sangatlah penting. Beberapa strategi dapat dilakukan oleh smart mom agar keuangan keluarga tetap sehat.

1. Periksa Anggaran Keuangan
Periksa kembali penghasilan sebelum dan sesudah pandemi, apakah berkurang? Ataukah tetap? Bagaimana pembagian dalam keuangan keluarga?
Umumnya pembagian keuangan rumah tangga terbagi menjadi Living (kebutuhan sehari hari / biaya hidup yang rutin dikeluarkan setap bulan), Saving (pendapatan yang dapat ditabung setiap bulan), Playing (pendapatan yang digunakan untuk belanja suka-suka / hiburan), dan Dana Darurat (alokasi pendapatan yang digunakan untuk hal darurat yang tidak dapat diatasi dengan keuangan normal dan idealnya 6x pendapatan). Sehingga perlu kita atur kembali, apabila ternyata pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan atau ada yang perlu dibenahi dari manajemen keuangan keluarga. Salah satunya dengan melakukan pemangkasan beberapa pengeluaran agar keuangan keluarga tetap sehat. Untuk memudahkan pencatatan pengeluaran dan pemasukan, saat ini sudah tersedia aplikasi digital keuangan yang dapat di download pada smartphone. Aplikasi tersebut, dapat mengkalkulasi secara otomatis dan tersedia grafik pengeluaran serta pemasukan. Sehingga, dapat dilihat dengan mudah plot sistem keuangan keluarga.

2. Cermat Dalam Berbelanja
Fokus pada kebutuhan salah satu kunci agar tetap hemat dan cermat dalam berbelanja, sehingga penting sekali memiliki daftar kebutuhan belanja baik mingguan atau bulanan. Sebagai contoh, smart mom dapat merencanakan menu masakan keluarga dalam 1 minggu dan jangan ragu untuk mencoba menu baru, misalnya kreasi menu olahan tempe atau tahu, sederhana namun dapat divariasikan. Selain itu, memanfaatkan aplikasi belanja yang menyediakan diskon, cashback, dan gratis ongkir dapat menjadi alternatif. Smart mom juga dapat melakukan pemotongan pengeluaran diluar prioritas, contoh: anggaran untuk hangout atau ngopi ngopi.

3. Mulailah untuk Berbisnis
Jika dirasa perlu untuk mendapatkan penghasilan tambahan, mengapa tidak? Banyak kemudahan melalui akses digital, salah satunya dengan menjadi dropshipper smart mom dapat memulai bisnis tanpa menyetok barang dan modal. Tentu dengan melihat "market segmen" dan permintaan konsumen. Selain itu, dengan akses digital kita dapat memanfaatkan jejaring pertemanan untuk mempromosikan bisnis melalui sosial media.

4. Manfaatkan Digital untuk Mencari Informasi
Sebagai ibu, kita juga dituntut untuk menjadi pembelajar dengan selalu mengupdate informasi. Salah satunya dengan mengikuti Webinar Class "Digital Financing 101 for Mom" yang diselenggarakan oleh My Baby. Smart mom dapat belajar bersama narasumber Mbak Prita Ghozie dan Mbak Ria Sarwono serta moderator Mbak Nucha Bachri. Tentunya smart mom akan mendapatkan banyak ilmu dan tips mengenai finansial.

Beberapa tips diatas dapat dilakukan ya smart mom, agar keuangan tetap sehat selama pandemi. Karena sebagai ibu yang merupakan bendahara dalam keluarga dituntut untuk lebih cermat dalam mengelola keuangan. Stay safe and keep healthy smart mom.

With love,
Mama Afi

Digital Financing