Marella Alexandra Vania Jovita
MEMPEROLEH BERKAT UNTUK MENJADI BERKAT
Diposting pada tanggal: 29-08-2020


89 Likes
Pandemi COVID-19 masih saja belum berlalu. Banyak orang kehilangan pekerjaan, aktivitas terganggu, tidak dapat sebebas dulu. Di sisi lain, ada juga pelajaran yang dapat kita petik, kita menjadi lebih sering mencuci tangan, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, juga kita menambah wawasan bagaimana memanfaatkan dunia digital dengan baik.
Sebagai ibu yang cerdas, kita juga harus produktif. Tidak harus kerja di luar rumah, produktif juga bisa dilakukan dari rumah sambil tetap memberikan perhatian penuh pada tumbuh kembang anak, agar anak tumbuh sehat dan cerdas, generasi penerus bangsa yang hebat.
Meskipun di rumah saja, kita dapat tetap produktif dengan memanfaatkan dunia digital untuk mengembangkan diri, membagikannya untuk orang lain, dan menghasilkan pendapatan. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya..
1. Memanfaatkan talenta dan ilmu.
• Pertama, kita harus menggali diri terlebih dahulu, minat dan bakat di bidang apa. Misalnya: menyanyi, menulis blog/review product, menjadi pembicara online, jasa desain grafis, dll.
• Kemudian, perluaslah wawasan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Sesuaikan dengan kebutuhan khalayak ramai/trend.
• Di sisi lain, kita harus mempersiapkan diri dan melatih kepercayaan diri.
• Mulailah buat konten semenarik mungkin dan original, tidak perlu meniru orang lain, jadilah diri sendiri. Tonjolkan kekhasan diri, membuat orang lain semakin penasaran akan karya-karya selanjutnya.
• Unggah di media yg digemari banyak orang, misal instagram, youtube, facebook.
• Jangan menyerah pada percobaan pertama, kedua, ketiga. Lakukan evaluasi dan terus mencoba lebih baik.
2. Kalau tidak PD menampilkan talenta dan ilmu kita, kita juga bisa menghasilkan pendapatan dengan misalnya berjualan online, baik dengan modal maupun tanpa modal.
• Research apa yang sedang menjadi trend kebutuhan masyarakat saat ini. Research juga bagaimana cara memproduksi (inovasi) atau memperoleh barang tersebut.
• Jangan lupa untuk membuat target capaian, lalu kita tawarkan melalui media yg digemari banyak orang, misal instagram, olx, tokopedia, shopee, dsb.
• Pelajari benar² bagaimana menggunakan aplikasi tersebut sebagai toko online, supaya tidak merugi
• Evaluasi dan perbaikan, serta jangan lupa untuk membuat target baru untuk ke depannya.

Tips penting keseluruhan: kita harus mempunyai wawasan yg luas dan membangun relasi baik seluas mungkin.

Dengan begitu, kita dapat melakukan sesuatu yang menghasilkan, sembari melakukan pengembangan diri serta bermanfaat bagi orang lain (dengan menghibur, menawarkan jasa/barang untuk memenuhi kebutuhan mereka, dan dari penghasilan tersebut kita juga bisa menyisihkan sebagian untuk disumbangkan bagi yang membutuhkan).

Semoga kita bisa menjadi ibu yang cerdas dan bijaksana dalam memanfaatkan dunia digital. Satu sentuhan pada smartphone, bermanfaat untuk semuanya :)

Digital Financing