Muthia Ulfah
MEMUPUK KELEKATAN DENGAN MENDENGARKAN SI KECIL
Diposting pada tanggal: 07-10-2020


33 Likes
Hai Moms!

Banyak sekali inspirasi menarik yang kita dapat di acara Webinar Class My Baby di bulan september lalu, salah satunya adalah tips mengisi waktu di tengah pandemi ini agar kita dan keluarga tetap sehat dan bahagia dengan mencari kegiatan bersama untuk memupuk bonding atau kelekatan dengan si kecil.

Selain bagus untuk tumbuh kembangnya, memupuk kelekatan dengan si kecil bisa membuatnya lebih percaya diri dan percaya pada orangtuanya. Kita bisa memupuk kelekatan dengan mendengarkan. Berikut ini manfaat menjadi pendengar yang baik untuk sikecil :

-1- Si kecil percaya diri
Melakukan komunikasi 2 arah dengan si kecil membuatnya merasa dihargai dan lebih siap membangun hubungan sosial dengan lingkungannya. Moms bisa terus mengajak si kecil berdiskusi dan memintannya mengambil keputusan.

-2- Belajar kosa kata baru
Pada masa keemasan, anak sangat cepat menyerap dan menyimpan informasi, termasuk belajar kosa kata baru. Moms bisa mengajaknya bercerita, membaca buku bersama, menyebutkan hal-hal yang ia lihat dan ceritakan kemungkinan lain yang bisa terjadi di dalam buku.

-3- Lebih memahami perasaan
Mendengar dan didengarkan adalah kebutuhan manusia. Tatap mata si kecil dan tunjukkan antusias kita dengan apa yang ia sampaikan. Hindari penggunaan handphone atau apapun yang dapat mengganggu proses komunikasi.

Moms bisa meminta anak mengulangi apa yang ia maksud jika Moms belum mengerti. Bila perlu, moms bisa memvalidasi perasaan anak agar ia yakin orang tua telah memahaminya.

-4- Si kecil lebih terbuka
Anak yang tumbuh dengan bonding dan komunikasi yang efektif akan lebih memahami perasaannya sendiri dan mudah menyampaikannya kepada orang tua, karena ia tahu orang tuanya akan mendengar tanpa menghakimi.

-5- Melatih kesabaran
"Ma, dede mau mobiy teuuuk"
"Apa? Mobil derek?"
"Bukan! Teuuuk"
"Apa?? Truk?"
"Iya, betuy! teuuuk"

Ini contoh latihan kesabaran versi saya. Di sini saya belum faham betul dengan bahasa si kecil. Secara tidak langsung pula si kecil melatih kesabarannya terhadap saya dengan mengulang kata "teuuuk" agar saya mengerti. Jadi kami sama-sama melatih kesabaran di sini. Hihi.. Apakah Moms punya pengalaman yang serupa??? Tetap semangat ya!

-6- Anak lebih mendengarkan orang tua
Proses komunikasi yang efektif membuat anak siap berada di lingkungannya, ia tidak akan mudah terbawa atau ikut-ikutan orang lain. Ia akan meminta sudut pandang orang tua sebelum mengambil keputusan. Karena ia yakin, orang tuanya tidak akan menjerumuskan.

Semoga kita semua mampu menjadi pendengar yang baik ya, Moms! Aamiin.
Tetap optimis,! Stay Healthy, be happy ^^v

Stay Healthy