Rosemerry Fatmawati
Memulai Bisnis di Masa Pandemi Siapa Takut
Diposting pada tanggal: 12-09-2020


28 Likes
Berawal dari melihat webinar "Digital Financing 101 for Mom" kemarin, saya jadi terinspirasi untuk menambah pundi-pundi pemasukan rumah tangga dengan bisnis kecil-kecilan. Kebutuhan hidup masa kini yang semakin banyak, ditambah di masa pandemi ini membuat siapa pun merasa waspada dengan situasi ekonomi yang kurang stabil. Makanya pinter-pinternya kita untuk mendapatkan income sampingan, bahkan bisa jadi jika diseriusi, bisnis sampingan ini berubah menjadi pemasukan utama, bukan tidak mungkin bukan?
Lantas bagaimana cara memulainya, padahal saya tidak ada pengalaman bisnis sama sekali? Harus jualan apa?
Lihat kebutuhan pasar dan tentunya menjadi hal yang Moms senangi. Misalnya Moms suka baking, lalu memulai bisnis dessert cake kekinian. Suka menjahit, memulai bisnis masker cantik, dan sebagainya.

Dari hasil nyimak webinar dan kepo sana-sini, berikut tips yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis di masa pandemi:
1. Jangan memulai dengan hutang
Di masa tidak stabil seperti ini, sebaiknya kita hindari berhutang. Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar, mulailah dengan uang tabungan yang tersedia atau bonus tahunan dari kantor.
Jika tidak ada uang sama sekali ? Kata Mba Ria di webinar kemarin, cobalah memakai sistem Pre-Order (PO). Dengan PO, kita sudah mendapatkan setengah modal dari konsumen. Selain itu sistem PO juga meminimalisir produk tidak laku dan dapat digunakan untuk mini survey produk mana saja yang diminati oleh pasar.
2. Jangan segan untuk menawarkan bisnis
Sebagai orang yang tidak terbiasa berjualan, mungkin awalnya agak malu ya, tiba-tiba nawarin dagangan ke teman-teman. Ada beragam pikiran negatif yang muncul: aduh, jangan-jangan nanti dikatain barangnya jelek, dll. Singkirkan pikiran negatif dan mulai saja dari lingkar pertemanan terdekat. Misalnya bisnis kue rumahan mulai ditawarkan ke tetangga, lingkungan perumahan, grup ibu-ibu RT, temen arisan, dsb. Tanyakan pendapat mereka apakah puas dengan produk kita, adakah saran supaya produk kita lebih baik? Mendapat feedback dari konsumen adalah langkah lanjutan untuk bisa meningkatkan bisnis.
3. Manfaatkan Pemasaran secara Online
Jaman sekarang siapa yang tidak punya Whatssapp, Instagram, FB? Manfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnismu. Kata Mbak Prita, ibu-ibu pasti punya banyak grup WA, manfaatkanlah itu!
Yups, pasang jualan di status sosmed, buat postingan produk saat market day di grup WA.
Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, Moms dapat membuka toko di marketplace.

Gimana Moms, apakah sudah siap untuk memulai bisnis?

Digital Financing