Fresilia Lanny
Mengurangi Pengaruh Gadget pada anak
Diposting pada tanggal: 17-10-2020


32 Likes
Di era globalisasi seperti sekarang ini siapa sih yang tidak mempunyai gadget. Kayaknya setiap orang sudah memiliki gadget. Gadget bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi namun sekarang dengan adanya gadget kita bisa browsing, main game, sosial media, dan banyak lagi. Pengaruh gadget bukan hanya dikalangan orang dewasa namun anak2 pun gemar bermain gadget. Peran orang tua sangatlah penting dalam mengontrol anak terhadap gadget.

Sebagai Orang tua seharusnya bijak dalam mengontrol anak, memang susah apalagi Pandemic seperti ini anak2 bersekolah lewat media on line dan harus menggunakan gadget. Tidak dipungkiri bahwa gadget dapat mempengaruhi pola pikir dan perkembangan anak. Sebaiknya Orang tua mendampingi sang anak saat menggunakan gadget.

Gadget dapat berdampak positif dan negatif untuk anak2. Postifnya anak2 generasi sekarang intelektualnya tinggi mereka dapat belajar berbagai hal lewat gadget contohnya para balita sudah pandai alfabeth dan menghafal lagu2 karena sering menonton youtube. Pengaruh negatifnya adalah anak2 generasi sekarang kurang beretika, ketergantungan terhadap gadget dan banyak yang sudah berkaca mata dini dikarenakan radiasi dari gadget tsb.

Disini saya juga akan membahas apa yang harus dilakukan orang tua agar dapat mengurangi pengaruh gadget pada anak
1. Jangan kenalkan gadget pada anak usia dini
2. Meluangkan waktu lebih banyak untuk bermain dengan anak
3. Melakukan Bonding
Saat menyuapi anak makan tidak perlu pakai gadget agar anak tenang dan mau makan, ibu dapat bercerita tentang apapun sehingga sang anak tertarik mendengar cerita ibu
3. Explore hal2 baru yang seru bersama sang anak
Misalnya membuat pizza bersama, anak akan tertantang untuk hal baru tsb sehingga meningkatkan antusias dan pola pikir anak
4. Orang tua harus bisa mencontohkan untuk tidak memegang gadget saat sedang menghabiskan waktu dengan anak

Demikian inspirasi saya mengenai pengaruh gadget pada anak dan bagaimana mengatasinya semoga bermanfaat bagi kita semua.

Digital Parenting