Yenny Handojo
Moms Lets Be Creative and Innovative
Diposting pada tanggal: 06-09-2020


31 Likes
Hi Moms, pernah terbesit pikiran ingin dapat penghasilan tambahan di tengah pandemi Covid-19 yang tidak tahu kapan ujungnya?Tapi bingung bagaimana memulainya?

Tenang Moms, kini saatnya thinking out of the box, kreatif dan berinovasi dengan menjadikan dunia digital sebagai peluang dalam berbisnis.

Di kesempatan kali ini saya mau sharing pengalaman saat berbisnis yang kebetulan sekali berkaitan dengan tips yang saya dapat saat mengikuti Webinar " Digital Financing 101 for Mom " yang diadakan oleh @mybabyid dan @motherbabyind bersama Mba Prita Ghozie dan Mba Ria Sarwono

Yuk kita baca..

# Mulailah berbisnis dari Passion #
Nyatanya, kalimat tersebut memang benar karena saya sendiri mengalaminya. Passion saya di bidang kuliner jadi saya putusin untuk berbisnis makanan.
Percaya deh kalau kita punya passion di bisnis yang kita jalani, kita akan menikmati tiap proses meskipun sedang menghadapi kesulitan.
Selain itu akan muncul ide-ide kreatif yang nantinya akan menunjang bisnis kita.

# Lakukan riset pasar dan tentukan jenis produk yang akan dijual #
Banyaknya orang yang menghabiskan waktu dirumah selama pandemi Covid-19 menyebabkan minat masyarakat terhadap kuliner semakin meningkat, salah satunya Cemilan. Akhirnya saya putusin untuk menjual kemplang yang umumnya disukai banyak orang. Saya mulai cari tahu produsennya dan menjadi Reseller . Setelah itu saya cek apakah ada orang yang menjual produk yang sama?Maklum yang namanya kemplang kan makanan sejuta umat. Selain itu keunggulan kemplang saya tuh harga kaki lima tapi rasa bintang lima.

# Strategi pemasaran #
Lets think digital Moms!! Zaman sekarang hanya dengan dua jempol tangan, Moms sudah mulai bisa memasarkan produk loh.
Saya memasarkan produk dengan menyulap Whatapp group, instagram, twitter menjadi media promosi. Kapan lagi kita bisa meraup keuntungan dengan modal minim? Jangan lupa
pakai kata-kata yang simple dan menarik saat promosi. Saya juga menawarkan pelanggan untuk menjadi Reseller, prinsipnya untung sedikit tidak masalah yang penting bisnis lancar. Bagi-bagi rejeki amal besar di Surga loh ????

# Modal #
Modal yang minim bukan jadi halangan kita untuk menjalankan bisnis. Hal ini saya siasati dengan melakukan penjualan sistem Pre Order (PO) sehingga tidak menyebabkan terjadinya dead stock dan cashflow tetap berjalan.
Selain itu, kemampuan negosiasi dengan produsen bisa dilakukan supaya jatuh tempo pembayaran bisa di perpanjang atau syukur-syukur dikasih diskon. Saya yakin kemampuan negonya Ibu-Ibu pasti tak terkalahkan ????

# Kepuasan pelanggan nomor 1 #
Ini yang perlu diingat Moms, ketika berbisnis kita tidak hanya menjual produk saja tapi juga jalin relasi agar bisnis kita tetap berkelanjutan. Cepat tanggap bila ada komplain dari pelanggan sehingga mereka merasa diperhatikan.

# Evaluasi bisnis #
Namanya baru usaha pasti ada gagalnya. Dari situ kita koreksi dan buat langkah perbaikan supaya usaha kita makin optimal. Pisahkan rekening bisnis dan rekening untuk keluarga sehingga kita bisa lebih mudah melakukan pengecekan.

Pasang surut dalam berbisnis itu sudah biasa yang penting teruslah berdoa dan berusaha.

Sekian tips dari saya, sampai bertemu di tips cerdas lainnya..

- Salam Ibu Cerdas -

Digital Financing