Dianita Nindyasari
Optimalkan Pertumbuhan Si Kecil dengan Stimulasi dari Rumah
Diposting pada tanggal: 05-10-2020


33 Likes
Pandemi masih berlangsung. Moms di rumah pastinya mulai khawatir dengan keadaan. Apalagi dengan pertumbuhan si kecil. Ketakutan pertumbuhan si kecil tidak optimal karena kurangnya stimulasi yang biasanya bisa dilakukan di luar rumah, menjadi salah satu kekhawatiran para moms. Menurut Psikolog Ratih Ibrahim "Ada banyak ide aktivitas menarik yang bisa dilakukan di rumah untuk menstimulasi lima dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati di masa toddler & prasekolah. Aktivitas yang dilakukan diharap menstimulasi kelima dimensi tumbuh kembang anak, yaitu kesehatan, motorik, kognitif, Bahasa, dan sosialisasi. Sambil bermain, Si Buah Hati juga bisa belajar". Jadi stimulasi itu penting ya moms, walaupun hanya dari rumah saja.
Nah, buat para moms yang bingung bagaimana caranya menstimulasi si kecil dari rumah, aku ada tipsnya nih :
Pertama, kita bisa menstimulasi motorik anak dengan permainan seperti lempar dan tangkap bola. Dengan bermain lempar dan tangkap bola akan membantu mestimulasi motorik anak melalui koordinasi gerakan otot-otot besar dan meningkatkan fokus anak.
Kedua, moms bisa merekam kegiatan sehari-hari si kecil seperti saat si kecil mencuci tangannya agar menstimulasi kesehatan anak.
Ketiga, untuk menstimulasi bahasa si kecil kita juga bisa bermain peran. Selain melatih motorik dan imaginasi anak, bermain peran juga bisa membantu si kecil memperkaya kosakata hingga mengasah logikanya lho moms.
Keempat, menstimulasi kemampuan sosialisasi si kecil bisa dilakukan dengan bermain tebak emoji dengan permainan ini si kecil dilatih untuk menebak emosi orang di sekitarnya.
Kelima, untuk menstimulasi kemampuan kognitif si kecil bisa dengan bermain puzzel. Karena bermain puzzel mengajarkan anak mengenal konsep besar dan kecil, konsep ruang dan bangun, hingga beragam bentuk.

Itu tadi tips menstimulasi si kecil dari rumah. Semoga tips dari aku bisa bermanfaat bagi moms semua. Sehat selalu untuk moms dan keluarga ya...

Sampai jumpa di tips berikutnya moms.

Stay Healthy