Ratna Tita Pravitha Sari
PENTINGNYA DANA DARURAT
Diposting pada tanggal: 13-09-2020


35 Likes
Hai Ibu.. Bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu sehat dan tetap bahagia apapun kondisinya ya. Jangan lupa selalu bersyukur ya Bu
Dalam masa pandemi ini memberikan pertanyaan seperti diatas "Apa kabar IbuĀ²?" Tentunya sangat dalam artinya . Tak seperti biasanya. Tapi benarĀ² menanyakan bagaimana kabar Ibu semua. Terutama dalam hal perekonomian.

Di masa pandemi ini banyak sekali banyak orang yang terkena PHK maupun work from home atau biasa disingkat WFH dimana kebanyakan gaji tidak dibayar penuh oleh perusahaan.

Jika Ibu salah satu yang terkena dampak di masa pandemi terutama dalam hal perekonomian , Ibu jangan menyerah. Tetap semangat dan kejar terus ya Bu. Saya akan berbagi beberapa tips yang telah dibahas dalam Webinar Class-1 Momversity My Baby yang bertema "Memanfaatkan Dunia Digital Untuk meningkatkan produktivitas Ibu" Oleh Prita Ghozie (Principal Consultant) dan Ria Sarwono (Founder Cotton ink)

Tips dan Strategi berbisnis lewat dunia digital :
1) HINDARI BERHUTANG
Tidak harus membuka usaha dalam kategori besar-besaran ya Bu. Kita harus mampu mengkondisikan keuangan kita untuk membuka bisnis/usaha karena berhutang bisa menambah beban dari cicilan yang harus dibayarkan tiap bulannya.

2) SISTEM PRE-ORDER (PO)
Pemesan membayar dulu sebelum barang readystock. Sistem ini membantu Ibu sangat cepat memutarkan modal.

3) PERLUAS TARGET MARKET
Dengan memperluas target pasar bisnis kita maka info akan cepat menyebar. Seperti Ibu bisa minta tolong ke teman maupun saudara untuk mempromosikan. Dan tentunya kita bisa memperluas target market di media sosial dengan menunjukan keunikan dan keunggulan produk yang kita jual. Jangan lupakan cantumkan hastag jika kita mempromosikan melalui media sosial.

4) PISAHKAN REKENING
Memisahkan rekening pribadi dan bisnis adalah hal yang penting juga ya Bu karena akan memudahkan kita dalam melakukan pencatatan dan skema keuangan. Jangan biasakan mencampuradukkan rekening pribadi dan bisnis.

5) JANGAN PERNAH MALU MEMULAI
Hindarkan rasa malu untuk memulai bisnis ya Bu. Karena malu dapat menjadi penghalang kita untuk maju menjadi lebih baik.

Nah satu lagi saya akan memberikan gambaran berupa PENTINGNYA DANA DARURAT.
Apasih Dana Darurat itu? Dana darurat merupakan salah satu jenis simpanan yang dapat Anda gunakan pada saat darurat atau mendesak.
Berikut beberapa alasan pentingnya memiliki Dana Darurat :
-Kebutuhan dana saat sakit
-Digunakan saat kehilangan pekerjaan
-Terhindar dari hutang
-Membuat anda lebih nyaman dalam bekerja

Bagaimana cara mendapatkan Dana Darurat?
-Mulailah menabung sedikit demi sedikit dan anggaplah sifatnya wajib
-Jangan menunda. Semakin cepat menyiapkan dana darurat maka semakin baik juga untuk masa di akan datang
-Membuat rekening khusus. Agar dana darurat yang terkumpul dapat digunakan pada masa tertentu dan terpantau dengan mudah

Betapa pentingnya Dana Darurat dalam kehidupan di masa krisis ini. Sebenarnya harus diprioritaskan dan sisihkan 10% dari pendapatan untuk Dana Darurat tersebut. Dan tentunya Dana Darurat tidak akan bikin kantong berantakan loh Bu. Saat berbisnis jangan lupakan Dana Darurat juga ya! Semangat buat kita semua ?

(Ratna Tita Pravitha Sari - @ratnatita)

Digital Financing