Suci Fitriah
PIJATAN MENENANGKAN
Diposting pada tanggal: 16-10-2020


35 Likes
Hai moms apa kabar semuanya? Semoga kita semua dalam keadaan sehat termasuk si kecil. Dimasa pandemi seperti sekarang kita memang harus bisa menjaga kesehatan sebaik mungkin. Untuk si kecil, selain menjaga asupan makanan yang bergizi, kita sebagai ibu harus melakukan upaya lain untuk kebugaran tubuhnya. Salah satu cara untuk menjaga kebugaran dan kesehatan si kecil adalah dengan pijatan. Banyak lho manfaat yang akan dirasakan si kecil setelah dipijat.
Menurut dr. Margareta Komalasari, SpA. dalam webinar MY BABY Momversity class 2 dengan tema "Stay Healthy, Be Happy", manfaat pijat bayi bagi si kecil diantaranya:
1. Meningkatkan bonding/kedekatan dengan si kecil
2. Bisa lebih peka terhadap tubuh si kecil. jadi lebih tahu dan bisa deteksi dini jika ada sesuatu ditubuh si kecil.
3. Anak tidur lebih nyenyak. Nah, kalau anak tidur cukup maka sel-sel otaknya akan tumbuh optimal. Secara psikologis juga anak akan lebih happy jika tidur cukup.
Selain itu manfaat lain dari memijat bayi/anak-anak adalah :
• Dapat membuatnya rileks. Efek ini juga bisa dirasakan oleh Anda.
• Membuat bayi jarang menangis dan meredakan tangisan bayi.
• Mengurangi rasa sakit gigi saat gigi si kecil tumbuh.
• Meningkatkan sirkulasi darah.
• Meningkatkan berat badan.
• Melancarkan pencernaan.
• Mendukung kekuatan otot dan tulang si kecil.
• Mendukung perkembangan mental, fisik, dan sosial.
Nah sekarang bagaimana tips memijat bayi yang benar? Berdasarkan video yang saya tonton dari CD yang terdapat pada paket produk MY BABY (dulu saya beli paket lengkapnya sebelum melahirkan), begini tahapannya :
Persiapan Sebelum Memijat Bayi
1. Cuci tangan sebelum melakukan pijat bayi.
2. Siapkan segala perangkat yang Anda butuhkan saat memijat bayi, seperti handuk atau alas bayi (kain bedong atau perlak), minyak untuk memijat, bisa juga baby oil, minyak zaitun atau minyak telon.
3. Kalau bayi semakin besar dan susah berbaring, pijat bisa dilakukan sambil duduk dan siapkan mainan agar si kecil anteng.

Tekhnik Pemijatan
Wajah
- Pijat dahi dengan kedua ibu jari dari arah tengah ke samping, pijatan bisa juga di alisnya.
- Pijat pelan pipinya dari arah hidung ke samping.
- Terakhir pijat samping bibirnya ke samping seperti membentuk senyuman.

Kaki
1. Moms bisa memulai pijatan dari pangkal paha hingga ke bawah. Tuang sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosok-gosok hingga terasa hangat di tangan Anda. Setelah itu mulai pijat lembut bagian paha ke arah bawah dan turun ke area betis. Memijatnya bisa sambil memutar seperti memerah susu sapi, tapi pelan-pelan ya.
2. Pijat punggung kakinya dengan gerakan memutar. Anda dapat memberi sedikit usapan saat memijat bagian pergelangan kaki sampai ke jari kaki. Kemudian beralihlah ke bagian telapak kakinya. Gunakan ibu jari atau pangkal pergelangan tangan saat memijat area ini, lakukan gerakan memutar untuk memijat.
3. Terakhir, pijat jari-jemarinya. Ambil tiap jari memakai ibu jari dan jari telunjuk Anda, lalu tarik dengan lembut. Lakukan pada kesepuluh jarinya.

Lengan
Usai memijat bagian tungkai, beralihlah ke bagian lengan. Mulai pijatan dari lengan bagian atas hingga ke pergelangan tangannya. Sesampainya di pergelangan tangan, putar lembut bagian ini beberapa kali. Lalu pijat telapak tangannya memakai ibu jari Anda. Akhiri sesi ini dengan memijat lembut jari-jemarinya.

Dada
1. Letakkan kedua tangan Anda di atas dada si Kecil. Lalu pijat lembut ke arah luar dengan menekan lembut dadanya menggunakan telapak tangan Anda.
2. Pijat dari arah perut sampai ke dada dengan menyilang seperti huruf X, ulangi beberapa kali
3. Pijat dari arah dada sampai ke perut membentuk huruf L, ulangi dari arah berlawanan.
4. Kemudian pijat dari arah perut ke dada sampai perut lagi membentuk huruf U. Ulangi beberapa kali.

Perut
1. Pijat perut dengan satu tangan dengan arah memutar beberapa kali, kemudian pijat ke arah bawah.
2. Tekan-tekan perut seperti menggelitik dengan jari-jari tangan untuk mengeluarkan gas-gas yang ada dipencernaan si kecil

Punggung
1. Posisikan Si Kecil dalam keadaan tengkurap.
2. Pijat menyilang dari arah bawah keatas seperti membentuk huruf X dan huruf U, ulangi beberapa kali.

Demikian tips memijat bayi/anak, semoga bisa bermanfaat ya.

Stay Healthy