Nony Erau Nurtia
Peran Parents Agar Anak Bahagia Walau dirumahsaja
Diposting pada tanggal: 21-09-2020


46 Likes
Hai para orang tua, selama kurang lebih 6 bulan kita masih berjuang menghadapi wabah virus Covid 19 yang juga terjadi di berbagai negara lainnya. Nah, seperti yang kita ketahui bersama, sebagai bentuk tanggapan dan solusinya, diberlakukanlah PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar dengan harapan dapat menurunkan angka penularan virus covid 19. Perubahan pola kegiatan yang kini mengharuskan kita dirumah saja, pastinya memberi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Anak-anak tidak lagi bebas bermain diluar rumah, pergi ke tempat hiburan atau mengunjungi tempat yang ramai seperti mall atau taman bermain. Bahkan beberapa diantaranya mulai jenuh karena tidak bisa bertemu teman, atau sekedar pergi liburan disaat weekend. Untuk itu kita sebagai orang tua harus mampu mengatasi masalah baru yang timbul sebagai dampak dari PSBB, yaitu bagaimana menciptakan suasana happy bagi anak walaupun di rumah saja.

Mari kita lihat sisi positif dari PSBB ini yuk moms. Dengan PSBB kita menurunkan resiko tertular virus Covid 19 karena aktivitas sosial yang dibatasi sehingga kita tidak perlu bertemu banyak orang yang berkemungkinan besar membawa virus Covid 19. Selanjutnya, memanfaatkan moment di rumah saja bisa meningkatkan bonding antara anak dan orang tua karena intensitas waktu dengan keluarga kini lebih banyak.

Jadilah orang tua yang kreatif. Kita sebagai orang tua bisa menciptakan hal baru untuk dikenalkan kepada anak, misalnya mengajak anak turut serta dalam kegiatan seperti membuat kue, atau mengajarkan pengetahuan baru dari buku-buku bacaan. Orang tua juga bisa mengatasi kejenuhan dengan bermain bersama anak. Baik bermain yang terstruktur atau yang tidak. Terstruktur artinya orang tua sudah merencanakan dan menyiapkan permainan mulai dari alat yang diperlukan, tujuannya, dan bagaimana cara bermainnya sebagai contoh permainan dengan pasir dan playdoh yang bertujuan melatih sensori anak. Tidak terstruktur artinya anak bebas bermain apa saja, bergerak sesuai kemauan dan imajinasinya tanpa perlu persiapan dan orang tua cukup mengawasi saja. Moms bisa menggunakan alat sederhana atau mencari referensi melalui internet. Pada intinya ketika mengajak anak bermain, yang kita capai adalah "fun". Selama anak merasa fun, tidak rewel dan menangis maka bisa mengatasi rasa bosan. Selain itu bermain juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik dan kognitif anak serta mencapai bonding antara orang tua dan anak

Kreatifitas bisa kita tuangkan juga dalam hal lain, misalkan ketika menyiapkan snack untuk anak. Biasanya saya menyajikan makanan baru yang sekiranya disukai oleh anak dengan hiasan dan tampilan lucu agar anak semangat makan dan senang. Selain menjadi kreatif, saya juga memanfaatkan teknologi digital untuk mengobati rasa rindu anak bermain dengan kawan-kawannya, bisa dengan melakukan video call dengan kakek nenek atau teman-teman. Tidak perlu lama, setidaknya dengan melihat teman-teman bisa membuat anak lebih happy.

Sebagai orang tua tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan agar anak bahagia walaupun di rumah saja. Namun yang terpenting adalah orang tua harus mau menyediakan waktu untuk anak, menjadi lebih kreatif dan bersabar. So parents, yuk jadikan momen PSBB ini menyenangkan untuk anak kita. Tetap di rumah saja dan patuhi protokol kesehatan ya.

Stay Healthy