Rita NataLia
Tetap Sehat dan Ceria di tengah Pandemi dan Perantauan
Diposting pada tanggal: 28-09-2020


33 Likes
Bagi sebagian orang meninggalkan kampung halaman untuk mencari nafkah bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan, karena banyaknya tantangan dan rintangan yang harus dilalui serta perlu berbagai pertimbangan terlebih lagi di masa pandemi yang luar biasa seperti sekarang ini.

Menjadi seorang ibu yang ikut merantau bersama keluarga dan si kecil tentunya banyak hal yang membuat kita merasa Worry. Terlebih lagi karena ada si kecil yang harus selalu dijaga dan diperhatikan dari segala aspek, terutama kesehatan Jasmani dan Psikologisnya karena harus beradaptasi dengan tempat dan suasana yang baru ditambah dengan situasi Pandemi saat ini.

Nah Moms, berikut adalah beberapa tips agar si Kecil tetap sehat serta merasa nyaman dan ceria meskipun di tempat yang baru atau di perantauan :

1. Bantu si Kecil beradaptasi dengan lingkungan baru

Bagi si kecil berada di tempat yang baru mungkin akan membuatnya merasa asing, bahkan terkadang akan merasa khawatir atau takut berada di tempat yang baru di kunjungi. Nah Moms, untuk mengurangi hal tersebut ada baiknya jika Moms untuk tidak meninggalkannya sendiri dulu agar ia tetap merasa aman. Selalu dampingi si kecil dan perlahan berikan gambaran mengenai lingkungan tersebut.

2. Rutinitas si Kecil di tempat yang lama tetap di lakukan di tempat yang baru
Aktivitas si kecil di tempat yang baru sebaiknya tidak jauh berbeda dengan di tempat yang lama, agar si kecil tetap merasa nyaman dan tidak merasakan perubahan yang terlalu signifikan selama berada di tempat yang baru.

3. Ajak si Kecil bermain dengan permainan yang menyenangkan dan edukatif
Berada di tempat yang baru mungkin saja membuat si kecil tidak langsung memiliki teman-teman baru terlebih lagi dengan situasi pandemi. Moms bisa menjadi teman bermain yang asyik bagi si kecil selama dalam masa adaptasi. Permainan seperti menyusun balok atau benda bersama hingga membentuk sebuah bangunan merupakan salah satu permainan yang mungkin di sukai dan menyenangkan bagi si kecil. Permainan tersebut juga dapat melatih perkembangan motorik dan sensorik si kecil serta dapat melatih konsentrasinya.

4. Menjaga Pola hidup bersih dan Sehat si Kecil
Menjalani Pola hidup bersih dan sehat bagi si kecil sangat di perlu dilakukan, agar tumbuh kembangnya tetap optimal dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga terlebih dalam situasi pandemi seperti ini. Pola hidup bersih dan sehat yang dapat di terapkan seperti :
- Memberikan asupan Nutrisi dan Gizi seimbang setiap hari seperti makanan dengan Karbohidrat, Protein ,vitamin, lemak dan mineral.
- Menerapkan Pola Hidup bersih seperti membiasakan si kecil mandi dua kali sehari serta membiasakan mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun.
- Berolahraga kecil di rumah bersama si kecil seperti senam cukup membuat si kecil senang dan bersemangat.
- Istirahat yang cukup bagi si kecil dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

5. Ciptakan Lingkungan dan Suasana yang aman dan nyaman bagi si kecil di tempat yang baru
Menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi si kecil dapat dilakukan seperti menyediakan area khusus untuk anak bermain dengan sirkulasi udara yang baik, tidak bising dan beberapa mainan yang ia senangi. Selain itu yang terpenting adalah keharmonisan keluarga tentunya membuat si kecil selalu merasa aman dan nyaman di manapun ia berada.

6. Interaksi Sosial
Interaksi Sosial tetap di butuhkan si kecil untuk membentuk karakter si kecil saat bersosialisasi kelak. meskipun dengan situasi seperti sekarang ini, bernteraksi dapat dilakukan dengan sesekali bermain ke taman tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. ataupun dengan cara Video Call bersama keluarga atau kakek dan neneknya.

Demikian Tips yang mungkin bisa Moms terapkan apabila menghadapi situasi seperti saya dan si Kecil alami, yang sedang berada di tempat yang baru atau lebih tepatnya di perantauan. Terlepas dari itu kesehatan Jasmani dan mental keluarga adalah hal yang paling utama terlebih dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Semoga sehat selalu yah Moms. Terus semangat dan Stay Healthy Be Happy ????

Salam manis dari kami
Mom Rita & Arsyifah ?


Stay Healthy