Amanda Anandita
Tips Melatih Merangkak si Kecil
Diposting pada tanggal: 31-10-2020


34 Likes
Rasanya malas ya moms jika ada tetangga yang mengomentari tumbuh kembang anak kita. Seperti saat aku mendapat ucapan “wah anaknya (Miwa yang sekarang berusia 12 bulan) belum bisa jalan ya. Anak saya usia 11 bulan sudah jalan”.

Untuk aku sendiri, aku memang tidak ingin memaksa Miwa untuk cepat – cepat berjalan karena aku ingin Miwa menikmati setiap proses tumbuh kembangnya sesuai dengan waktunya. Saat ini Miwa sedang suka – sukanya merangkak, merembet, berdiri sendiri dari jongkok dan sebaliknya, juga mencoba untuk berdiri tanpa berpegangan.

Merangkak sendiri ternyata merupakan hal yang sangat penting bagi si Kecil moms. Pada saat merangkak, otak bayi memberikan sinyal kepada otot – otot tubuh untuk menyangga berat badan. Merangkak juga melatih keseimbangan dan koordinasi yang baik antara mata dan tangan serta menguatkan garis tengah tubuh. Hal – hal ini bermanfaat sebagai “latihan” untuk si Kecil saat nanti mulai bersekolah agar bisa duduk dalam jangka waktu yang lama.

Jari – jari si Kecil yang membuka saat merangkak juga merupakan stimulasi yang sangat baik untuk nantinya si Kecil belajar memegang pensil, menulis, mengancingkan bajunya, dll.

Bagaimana sih moms untuk melatih si Kecil merangkak?

1. Berikan tummy time 10 sampai 15 menit setiap hari dari mulai si Kecil baru lahir. Tummy time memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk belajar menguatkan otot – otot tubuhnya.

2. Letakkan pada alas yang keras agar si Kecil mempunyai pijakan yang mantap saat mulai belajar merangkak.

3. Pastikan si Kecil menggunakan baju yang nyaman baik dari segi model maupun bahannya serta tidak mengalami ruam popok. Moms bisa menggunakan My Baby Anti Diaper Rash Cream untuk mencegah munculnya ruam popok pada bayi.

4. Moms juga bisa mengajak si Kecil mengeksplorasi lingkungannya dengan mengajaknya merangkak di atas rumput. Seperti yang mba Novita ungkapkan pada webinar Momversity “Digital Parenting 101 for Mom” moms bisa mencari aktifitas yang bisa dilakukan tanpa gadget dengan si Kecil.

Ternyata merangkak di rumput juga menstimulasi si Kecil untuk merasakan berbagai tekstur pada kulitnya. Moms tidak perlu khawatir jika baju bayi menjadi kotor karena moms bisa mencucinya menggunakan My Baby Liquid Detergent yang akan membersihkan noda – noda pada pakaian, menjaga pakaian tetap lembut, bebas dari kuman dan bau apek.

Selamat mencoba ya moms dan happy crawling ^^

Digital Parenting