Neniek Suprihatin
Tips Meningkatkan Produktivitas Ibu dengan Media Digital
Diposting pada tanggal: 07-09-2020


86 Likes
Senang sekali berkesempatan ikut MY BABY Momversity Webinar Class Digital Financing 101 for Mom beberapa hari yang lalu. Temanya menarik banget, yaitu tentang "Memanfaatkan Dunia Digital untuk Meningkatkan Produktivitas Ibu" dengan narasumber Prita Ghozie, Independent Financial Planner & CEO ZAP Finance dan juga
Ria Sarwono, Founder, Brand & Marketing Director COTTONINK.

Keseruan acara di awali dari sapaan moderator, Nucha Bachri yang juga Co-Founder Parentalk.id. Selanjutnya Mba Prita Ghozie membagikan tips bagaimana cara mengatur cash flow rumah tangga, diantaranya:
1. Evaluasi sumber pemasukan, apalagi dimasa pandemi ini kita harus evaluasi apakah sumber pemasukan kita terdampak atau tidak terdampak oleh pandemi. Ini untuk menentukan bagaimana langkah kita selanjutnya.
2. Pembagian keuangan rumah tangga dan usahakan untuk disimpan dalam rekening yang berbeda. Bagi ke dalam empat pos, yaitu:
- living (biaya hidup yang rutin dikeluarkan setiap bulan)
- playing (misalnya belanja atau hobi)
- saving (tetap usahakan menabung meskipun pandemi bisa didadaptkan dari penghasilan tambahan
- persiapan dana darurat
3. Cash is the King and Cashflow is the Queen

Mba Ria Sarwono juga mengajarkan kita bagaimana berbisnis. Saat memulai bisnis jangan pernah malu untuk memulai dan jangan memulainya dengan hutang, kita manfaatkan saja peralatan yang ada untuk keperluan usaha. Harus kreatif dan smart small, yang terpenting cashflow mengalir dan pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Tetap jaga relasi dan amati perilaku konsumen, stay connected.

Jika bisnis sudah dijalankan, kita juga harus punya strategi bisnis saat pandemi. Misalnya kita buat sistem PO atau Pre Order karena selain kita bisa menjaga kestabilan cashflow, dengan sistem ini kita bisa membaca minat pasar. Kita juga harus menyesuikan bisnis yang relevan kebutuhan pasar saat ini. Seperti mba Ria Sarwono yang bisnis awalnya fashion untuk outfit kantoran atau casual akhirnya memproduksi pakaian rumahan karena dimasa pandemi ini orang lebih banyak dirumah. Dan apa yg kita komunikasikan ke konsumen harus menyesuaikan kondisi berdasarkan pengamatan perilaku konsumen. Negosiasi dengan para relasi agar menguntungkan berbagai pihak terutama saat mendesak.

Di masa pandemi seperti ini, media digital berperan sangat penting dalam pemasaran produk. Kita bisa memanfaatkan story telling atau cerita dibalik pembuatan produk itu sendiri dan kita bisa buat campaign agar menarik. Buat keunikan agar berbeda dengan produk serupa tapi tetap relevan dengan konsumen dan keadaan saat ini.

Di webinar class ini diberikan motivasi serta semangat melawan pandemi ini. Untuk moms yang sudah memulai bisnisnya harus tetap berhati-hati dalam pengelolaan uang dan harus bersyukur. Dan untuk moms yang belum memulai bisnis, jangan pernah malu untuk memulai. Apapaun yang kita lakukan sekarang, asalkan punya satu tujuan harus tetap kita jalani. Semangat!

#TipsIbuCerdasMYBABY
#MYBABYMomversity

Digital Financing