Amanda Anandita
Tips Menstimulasi si Kecil saat Mandi
Diposting pada tanggal: 31-10-2020


28 Likes
Sebagian orangtua mungkin merasa kewalahan ya saat mengajak si Kecil mandi. Ada yang menolak bahkan mungkin ada yang menangis. Tetapi Miwa (anakku yang berusia 12 bulan) sangat senang jika diajak mandi. Karena dari kecil, aku membiasakan bahwa mandi merupakan hal yang menyenangkan. Saat mandi Miwa, aku membawakan mainan ke dalam bak mandinya agar Miwa bisa bermain – main.

Ternyata mandi sambil bermain juga dapat menstimulasi si Kecil loh moms. Apalagi menurut mba Novita Tandry pada webinar Momversity “Digital Parenting 101 for Mom” anak berusia 0 sampai 2 tahun harus “dimatangkan” sensorik dan motoriknya sebagai fondasi untuk tahap perkembangan selanjutnya. Berikut beberapa ide yang bisa dilakukan agar kegiatan mandi si Kecil menjadi menyenangkan :

1. Buatlah percikan pada air di dalam bak mandi. Percikkan pada tangan, kaki, maupun tubuh si Kecil. Percikan ini akan memberikan multisensori dimana si Kecil akan merasakan basah , rasa dingin atau hangat dari air, dan juga rasa ditepuk oleh percikan air.

2. Jika si Kecil sudah bisa memegang, berikan cangkir plastik yang bisa diisi oleh air saat mandi. Moms bisa mencontohkan bagaimana menciduk air menggunakan cangkir plastik, kemudian menuangkan airnya kembali. Selain menyenangkan, ternyata aktifitas ini juga bermanfaat untuk menstimulasi motorik halus si Kecil.

3. Letakkan mainan atau bebek plastik di dalam bak mandi si Kecil. Kegiatan ini membantu untuk menstimulasi visual dan koordinasi Gerakan mata – tangannya.

4. Mandi bagi si Kecil selain membersihkan tubuhnya juga membantu untuk meningkatkan kualitas tidur si Kecil. Seperti yang kita tahu bahwa tidur bagi bayi dan anak bermanfaat untuk optimalisasi sel – sel otaknya.

5. Mandi juga bermanfaat untuk meningkatkan bonding dengan si Kecil. Moms bisa mengajak si Kecil bernyanyi saat mandi. Jika moms khawatir aktifitas saat mandi akan membuat kulit si Kecil menjadi kering, moms dapat mencoba My Baby Hair & Body Wash yang tersedia dalam aroma Sweet Floral dan Aloevera & Avocado. My Baby Hair & Body Wash diformulasikan dengan formula yang lembut, clinically tested, dan dengan formula tidak pedih di mata. Wangi harum segarnya juga pasti disukai oleh si Kecil.

Yuk moms ajak mandi si Kecil !

Digital Parenting