Qizwiny Arifah
Tips melatih sensori motorik anak dengan bermain pasir
Diposting pada tanggal: 28-10-2020


34 Likes
Walaupun bermain pasir akan kotor karena menempel di pakaian anak, namun ternyata banyak hal positifnya yang bisa diambil. Dalam kondisi pandemi seperti ini tentunya kita akan lebih takut jika berpergian keluar membawa si kecil ya bun, tapi tenang saja kita masih bisa ajak anak bermain pasir di rumah tanpa khawatir, karena permainan ini banyak manfaatnya, seperti :
* Memperkuat otot kecil anak karena melibatkan mata serta jari-jarinya untuk mengenal warna dan meremas kemudian membentuk pasir tersebut sesuai dengan imajinasinya karena ini motorik halus anak
* Meningkatkan konsentrasi anak, seperti sedang membuat istana pasir atau bentuk lainnya
* Mengasah kreativitas anak
* Mengekspresikan perasaan dan pikiran anak

Jangan lupa juga beritahu apa yang sedang dilakukannya dan kasih dukungan anak dengan ikut bermain sembari memberi contoh bentuk-bentuk yang akan dibuatnya.
Berikan pertanyaan pada anak, seperti apa yang dia buat dan warna apa ini.

Ajak anak bercerita dengan bentuk yang dia buat, misal membentuk hal yang sedang ia sukai seperti es krim lalu tanyakan rasa apa ini es krimnya, enak sekali rasanya, ungkapkan terima maksih agar anak merasa senang.
Berikan suasana menyenangkan dan seru kepada anak ketika sedang bermain pasir sehingga anak lebih aktif dan lebih mudah mengeksplor kemampuannya.

Jangan lupa setelah bermain pasir, ajak anak untuk cuci tangan pakai sabun dan ajarkan cara mencuci tangan dengan benar agar kuman hilang dan terhindar dari penyakit.

Semoga tips ini bermanfaat :)

Stay Healthy