Putri Wulan Sari
ibu Cerdas manfaatkan digital financing untuk meningkatkan produktivitas usaha
Diposting pada tanggal: 03-09-2020


191 Likes
Terimakasih untuk MY BABY Momversity sudah memberikan Webinar Class yang sangat bermanfaat untuk saya realisasikan dikehidupan sehari hari. Sebelumnya saya sudah mengikuti kelas mengenai Digital Financing 101 For mom, beberapa hal yang sudah saya tangkap mengenai apa saja sih tips yang dapat di terapkan beserta inspirasi apa saja yang dapat di paparkan dikehidupan kita.

1. Sebagai seorang Ibu dan pengatur keuangan keluarga. Kita diwajibkan Membuat Perencanaan Keuangan dengan secara matang seperti Membagi Sumber Pemasukan dana untuk pos Living Maksimal 50% Dan jangan lupa berikan pos playing, serta yang paling penting ibu juga harus menyisihkan untuk pos saving dimana dana darurat yang dapat digunakan untuk ( tagihan, biaya kesehatan, perabotan, saat kesulitan dan musibah tak terduga)

2. Di saat ini dimana masa pademic Ibu - Ibu Wajib memutar otak bagaimana meningkatkan produktivitas usaha, serta di tuntut untuk kreatif dalam mengambil kesempatan, seperti hal nya dalam sisi pemasaran serta dalam memilih produk apa yang akan kita jual, Pastikan ibu menjual produk dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu agar saat melakukab penjualan dapat sesuai dengan target pasar, Contohnya saat ini di masa pademic banyak orang orang yang enggan keluar rumah untuk mencari makanan karena adanya social distancing, disini kita dapat mengambil peluang usaha dengan menjual produk makanan siap saji yang dapat dibantu dengan tehnologi pengiriman Ojek online, dan memanfaatkan pembayaran langsung dengan dompet digital atau e-walet agar tidak bersentuhan secara fisik dengan uang, sehingga mengurangi proses penularan covid19 itu sendiri.

3. Selain itu Kita juga dapat memanfaat kan promo Cashback, Freeongkir dalam menunjang Saving di saat pademic seperti ini sehingga dapat mengurangi beberapa pos pengeluaran.

4. Hal lainnya ibu Cerdas Jangan lupa memisahkan pos rumah tangga dengan pengeluaran usaha, karena hal tersebut sangat penting ketika keadaan terburuk nantinya seperti usaha kita bangkrut atau omset sedang turun, tidak boleh menggunakan pos rumah tangga dalam usaha karena akan menyulitkan keadaan nanti didepan.

5. Sebaiknya Ibu Cerdas tidak memulai Bisnis dengan berhutang di bank atau sejenisnya. Ibu Cerdas dapat Manfaatkan saja bahan dan alat yang sudah tersedia dirumah agar tidak menjadi beban dikemudian hari.

6. Ibu Cerdas juga dapat Memisahkan Rekening Bisnis dengan Rekening rumah tangga hal tersebut juga sangat penting, agar nantinya kedepan tidak menimbulkan masalah dalam pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan. karena bisa saja usaha akan berhenti di tengah jalan dana darurat habis, sedangkan omset usaha juga menurun.

7.Ibu Cerdas bisa juga Memanfaatkan digital Marketing dengan menggunakan social media Seperti Instagram ads, Facebook ads, Aplikasi online seperti grab food, go food dan Koneksi dalam mempromosikan bisnis yang kita miliki seperti komunitas kampus, lingkungan rumah, Ibu Ibu arisan dll.

8.Mencari target pembeli/Customer kemudian Membuat Sistem PO (Purchase Order) agar memaksimalkan modal yang dibutuhkan, sehingga memiliki gambaran berapa saja yang harus dikeluarkan,berapa saja keuntungan yang nanti didapatkan.

9. Ibu Cerdas di haruskan selalu melakukan Evaluasi Budget rumah tangga, dan budget usaha agar tetap terkontrol dengan baik.

Demikianlah beberapa Inspirasi dan Tips yang bisa saya bagikan, semoga dapat memberikan manfaat untuk para Ibu Cerdas dalam memulai Usaha dan menjadikan acuan di atas sebagai referensi.

Semangat terus ya para Ibu Cerdas dalam memulai usaha, mengelola keuangan. Selalu tetap kreatif dan inovatif

Terimakasih :)

Salam Sukses

Putri Wulan sari,
( Mommy Zahfran&Zea;)

Digital Financing