Juwita Agustin Ratnadewi
Jadi JASTIP-ers? Siapa Takut! Tips Menjadi Jastip-ers yang Handal.
Diposting pada tanggal: 18-10-2020


38 Likes
Moms, pernah ga mau beli baju secara online tapi susahnya minta ampun? Setiap open order hampir selalu tidak dapat? Padahal barang tersebut dari brand kesukaan yang harganya cukup terjangkau dengan kualitas yang bagus? Atau Moms ingin membeli furnitur aestetik tapi tokonya tidak ada di Kota tempat tinggal? Lalu biasanya Moms coba cari kemana? Pernahkah membelinya lewat jastip atau jasa titip?

Ya, menjadi agen Jasa Titip (Jastip) a.k.a Jastip-ers atau Online Shopper sangat populer beberapa tahun terakhir ini. Banyak produk bagus dijual lewat open order dengan stok terbatas, terutama pakaian. Sebut saja @wearingklamby @heaven_lights @vanillahijab dll pasti sudah tidak asing lagi. Tidak hanya pakaian, furnitur, benda dekorasi, dan keperluan rumah tangga juga laris manis dijual lewat jastip, misalnya produk dari Ikea, Informa, Ace Hardware, dll.

Yuk simak tips untuk menjadi Jastip-ers yang handal berikut ini:
1. Follow Brand Populer dan Pilih Produk yang Diminati Konsumen.
Brand yang terkenal biasanya memiliki konsumen yang besar. Bisa dipastikan produk yang akan dijual laku dipasaran. Dengan follow akun tersebut, Kita bisa selalu update jika akan ada produk baru yang akan dikeluarkan. Termasuk sale ataupun ada stok sisa hit and run.
2. Harga Jastip Wajar dan Harus Untung.
Berikan harga jastip yang relevan dipasaran. Kita bisa survey dulu ke jastipers yang lain. Pastikan sudah mengkalkulasi dengan tepat, termasuk biaya ongkir ke rumah Moms dan biaya bensin/parkir jika jastip dibeli toko. Jangan sampai rugi bandar!
3. Deskripsi Produk Jelas disertai Foto Menarik.
Manfaatkan story telling dengan menceritakan produk di sosial media Kita. Tulis dengan jelas nama brand, bahan, ukuran, dimensi, warna, harga asli produk, harga jastip, dan juga stok yang tersedia.
4. Buka sistem PO (Pre-Order) atau Non PO.
Sistem PO bisa dilakukan agar jelas berapa jumlah yang akan dibeli. Untuk produk dengan harga mahal atau jutaan, bisa diberlakukan DP (Down Payment) terlebih dulu. Sistem Non PO jika hanya Moms yakin barang tersebut akan laku, misalnya baju dari brand populer, dan stoknya jangan berlebihan apalagi jika baru awal memulai. Beli yang motif dan sizenya paling banyak dicari, misalnya size S,M, dan L.
5. Pasang alarm dan Standby saat Open Order Berlangsung.
Jika memungkinkan minta bantuan orang lain untuk mengikuti open order dengan akun dan alamat yang berbeda.
6. Jangan Hit and Run.
Jika ingin membatalkan pesanan, pastikan menghubungi seller dan bicarakan dengan baik agar stok bisa dialihkan ke pembeli lain dan tidak diblokir untuk transaksi selanjutnya.
7. Pasarkan lewat Marketplace yang memiliki program subsidi ongkos kirim dan cashback agar pembeli semakin yakin untuk membeli.

Jastip-ers bisa menjadi salah satu hobi sampingan yang menguntungkan lho Moms. Terutama jika bisa menjastipkan barang-barang yang berasal dari brand populer. Keuntungan yang didapatkan per produk bisa berkisar antara sepuluh ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Bisa menambah pemasukan yang lumayan jika digeluti dengan serius. Semoga bermanfaat ya tipsnya!

#MYBABYMomversity
Source Foto: Google

Digital Financing