Editha Aldillasari Rodianto
How to Maintain Cash and Cash Flow During Covid-19 Pandemic
Diposting pada tanggal: 22-09-2020


1033 Likes
Hi moms apa kabarnya? Semoga moms sekeluarga sehat selalu ya.
Kali ini aku mau sharing mengenai class momversity pertamaku yang diadakan akhir Agustus lalu dengan tema "Digital Financing 101 for Mom".

Pada tema ini aku akan bagi lagi secara mendalam menjadi 2 sub tema, yaitu perihal cash dan cash flow yang dinarasumber oleh Prita Ghozie serta how to start and maintain your own business oleh Ria Sarwono.

Untuk tulisan pertamaku ini aku akan share mengenai "How To Maintain Cash and Cash Flow During Covid-19 Pandemic" yang dipaparkan oleh Prita Ghozie selaku CEO dari Zap Finance.
First thing first yang perlu dilakukan perihal keuangan selama pandemi ini adalah evaluasi sumber pemasukan lalu dilanjutkan dengan mengelola cash flow kita. Karena menurut Mba Prita, cash itu ibarat king, sedangkan cash flow adalah queen. Mba Prita Ghozie memberi saran dengan mengatur pengeluaran berdasarkan 3 pos, yaitu living, saving, dan playing.

Utamakan 50% dari pendapatan kita masuk ke dalam pos living karena pos ini merupakan pos yang wajib hukumnya untuk dipenuhi dan tidak bisa diganggu gugat.

Selanjutnya di saat new normal seperti ini adakah diantara moms yang mengoleksi masker berdasarkan motif ataupun warna untuk disesuaikan dengan baju? Nah uang yang digunakan untuk membeli masker-masker ini bisa moms ambil dari pos playing sebesar 20% dari pendapatan.

Lalu bagaimana dengan pos saving? Mengingat selama pandemi ini pendapatan kita tidak sebesar sebelumnya dan pengeluaran keuangan terus berjalan, maka tidak jarang diantara kita yang mungkin akhirnya menggunakan dana darurat. Tapi jika dana darurat ini terus digunakan, lama kelamaan akan habis juga. Oleh karena itu, Mba Prita memberi masukan dengan cara membuka peluang usaha bisnis untuk memenuhi pos saving yang sempat terpakai. Tapi ingat ya moms, jangan memulai bisnis dengan hutang.

Jika sebelumnya moms sudah membagi-bagi 3 pos, sekarang dilanjutkan dengan mengevaluasi pengeluaran berdasarkan rekening tabungan yang berbeda, yaitu dengan menggunakan dompet digital untuk pos playing, rekening tabungan biasa untuk pos living, dan rekening investasi untuk pos saving. It's ok punya lebih dari 1 rekening tabungan agar cash flow lebih terarah dan terpantau. Dan juga jangan pernah menggabungkan rekening keluarga dengan rekening bisnis yaa moms.

Most inspiring quotes dari Mba Prita adalah "Kita harus hati-hati terhadap cash flow dan simpati serta empati dalam menggunakan uang karena tidak semua orang yang seberuntung kita yang masih punya pendapatan dan masih bisa membuka usaha dikala pandemi sekarang ini. Serta jangan lupa untuk bersyukur. "

Digital Financing