Editha Aldillasari Rodianto
Raising Happy Healthy Children in Pandemic: From Vaccine to Bonding
Diposting pada tanggal: 13-10-2020


919 Likes
Hi moms, memasuki bulan ke-8 dirumah saja tentunya harus tetap semangat, sehat, dan happy ya, seperti tema yang dihadirkan dalam class momversity yang ke-2 pada September lalu dengan judul "Stay Healthy, Be Happy" yang dinarasumber oleh dr. Margareta Komalasari, Sp.A dan Mom Franda.

Pada kelas ini aku dapat banyak sekali ilmu, khususnya mengenai kesehatan anak di masa pandemi.
Dr. Margareta menekankan bahwa yang terpenting di kala pandemi saat ini adalah menjaga imunitas. Adapun hal-hal yang bisa moms lakukan di rumah untuk keluarga diantaranya adalah:
*Menghidangkan makanan bergizi seimbang
*Memastikan kualitas tidur anak cukup
*Mengajak anak berjemur
*Mengajak anak melakukan aktivitas motorik
*Meminimalisir screen time
*Memberikan suplemen tambahan seperti vitamin D, zinc, dan probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan anak.

Dr. Margareta memaparkan bahwa vaksin pun memegang peranan yang cukup besar dalam imunitas anak sebagai langkah pencegahan terjadinya suatu penyakit. Vaksinasi baiknya langsung dilakukan di rumah sakit karena kita tidak tahu apakah akan ada suatu reaksi yang tidak diharapkan seperti contohnya alergi. Jika vaksinasi dilakukan di RS dan terjadi kejadian alergi, maka dokter bisa langsung memberikan penanganan karena ketersediaan obat dan alat yang memadai di RS.

Untuk para moms tidak perlu khawatir untuk membawa anaknya ke RS karena sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, kini hampir di seluruh RS telah memisahkan ruangan bagi anak yang sehat dan sakit untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya penularan. Selain itu, kini moms bisa melakukan reservasi ke RS secara online dan anak dapat menunggu di dalam mobil hingga saat antrean dokter sudah tiba.

Lalu bagaimana bila seandainya moms tertinggal untuk melakukan vaksin?
Dr. Margareta menjelaskan bahwa vaksin masih dapat ditunda selama 1 minggu hingga 1 bulan, jika sudah lebih dari waktu yang ditentukan, maka anak harus catch up mengejar ketertinggalan vaksinnya. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa vaksin yang harus dilakukan dalam waktu tertentu, seperti contohnya vaksin rotavirus yang wajib dilakukan pada anak sebelum berusia 15 minggu.

Dr. Margareta pun menambahkan, bagi para ibu yang anaknya sedang sakit dapat pula menggunakan fitur telemedicine untuk berkonsultasi langsung dengan dokter sehingga anak dapat tetap di rumah saja, namun apabila terjadi kegawatdaruratan seperti kejang ataupun sesak, maka anak wajib untuk segera dibawa ke RS.

Last but not least, hal yang paling wajib dilakukan selama pandemi ini adalah menerapkan protokol kesehatan seperti 3M, yaitu:
*Memakai Masker
*Menjaga Jarak, dan
*Mencuci Tangan.

Membahas mengenai kesehatan tentunya tidak hanya sekedar sehat fisik yaa moms, tapi juga sehat mental.

Ungkapan happy mom, happy children benar nyatanya. Jika sang ibu happy dan tidak stress, maka anak pun akan ikut happy dan jauh dari tekanan. Anak sehat, semua pun bahagia. Oleh karena itu, Mom Franda memberikan tips agar tetap happy selama di rumah saja dengan anak.

Menurut Mom Franda, keadaan di rumah saja dapat mempererat bonding dengan anak karena kita memiliki waktu yang lebih daripada biasanya. Berbagai aktivitas sehari-hari nyatanya juga dapat meningkatkan bonding lho moms, sesimpel memandikan anak ataupun memijit anak dengan sabun dan minyak telon kepercayaan para Ibu, My Baby.

Mom Franda akui bahwa lama kelamaan akan hadir rasa monoton dan bosan sehingga tidak jarang akan mudah emosi. Namun ada tips lho untuk menata emosi, yaitu dengan memberikan me time untuk diri kita sendiri, seperti bermain musik, menanam tanaman, baking, olahraga, dan mengganti suasana tatanan rumah ternyata cukup ampuh sebagai media stress relieve.

Lalu jika anak moms bosan, moms bisa juga mengajak anak untuk aktif berkegiatan melakukan pekerjaan rumah bersama moms ataupun membuat DIY mainan yang nantinya dapat di explore sang anak.

Membahas mengenai digital tentunya banyak sekali ya moms info yang kita dapatkan terkait covid-19 sehingga tidak jarang kita pun ikut stress dibuatnya. Mba Nucha selaku moderator pun memberikan tambahan tips, yaitu:
*Bijak dalam menerima informasi
*Postive thinking, dan
*Follow akun trusted
Sehingga kesehatan fisik dan mental kita tetap terjaga di kala pandemi ini. Stay safe, Stay Healthy, Be Happy moms

Stay Healthy