Editha Aldillasari Rodianto
A-Z Parenting for Alpha Generation in Digital Era 4.0
Diposting pada tanggal: 28-10-2020


546 Likes
Halo moms, senang sekali rasanya bisa menulis dan berbagi mengenai class momversity dengan kalian. Terima kasih juga sudah membaca tulisanku hingga saat ini, semoga tulisanku ini bisa bermanfaat buat para moms karena aku pun merasakan banyak sekali manfaat dari mengikuti class momversity ini.

Kali ini aku akan berbagi informasi dari hasil mengikuti webinar class momversity ke-3 yang diadakan beberapa pekan lalu dengan narasumber Mba Novita Tandry selaku psikolog anak dan remaja serta Mom Donita dengan tema "Digital Parenting 101 for Mom".

Pada tulisanku yang ke-4 ini mengandung informasi yang related dengan kehidupan kita para moms yang sebagian besar merupakan generasi Y atau yang kerap disebut generasi milenial dalam membimbing anak kita yang merupakan generasi alpha dalam menghadapi era digital 4.0.

Sebagai pembukaan, generasi alpha merupakan anak yang lahir dimulai dari tahun 2010. Mba Novita memaparkan bahwa anak generasi alpha memiliki tingkat intelektual yang lebih tinggi seiring dengan mudahnya mendapatkan informasi pada era digital 4.0 ini sehingga wawasan mereka pun lebih banyak.
Namun sayang, kemudahan dalam mendapatkan informasi ini juga berdampak negatif seperti rentang konsentrasi yang lebih pendek serta dalam aspek sopan santun, etika, dan disiplin yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Inilah yang dimaknai bahwa teknologi bagaikan pedang bermata dua sehingga kita sebagai orangtua harus bijak dalam menggunakannya. Dan sebagai orangtua tentunya kita tidak mau ya moms anak kita mendapat dampak negatif dari teknologi, oleh karena itu Mba Novita juga menekankan pentingnya kehadiran orangtua dalam mendampingi anak, tidak hanya hadir raga saja, namun hadir seutuhnya hati, pikiran, jiwa, dan raga. Dan untuk moms yang bekerja pun tidak perlu khawatir, cukup luangkan waktu berkualitas setiap harinya sepulang moms bekerja terbukti lebih baik dibandingkan dengan kuantitas lamanya waktu yang dihabiskan.

Teknologi kini boleh berubah semakin maju, namun tahap tumbuh kembang anak tetaplah sama, maka disinilah pentingnya kehadiran orangtua dalam menstimulasi tahapan tumbuh kembang anak. Dibandingkan dengan memberikan gadget, ternyata melakukan life practical skill justru dapat meningkatkan rentang konsentrasi serta membuat anak menjadi lebih mandiri dan disiplin.
Berikanlah waktu moms untuk anak dengan saling bercerita satu sama lain sehingga terjadi komunikasi dua arah. Komunikasi memegang peranan penting dalam parenting generasi alpha dan hal ini nantinya dapat mengurangi sisi negatif generasi mereka dalam aspek etika dan sopan santun serta dapat pula meningkatkan bonding kita dengan anak.

Adapun prinsip dari Mom Donita perihal anak terhadap digital adalah orangtua boleh saja memberikan gadget kepada anak selama dalam pantauan, lalu batasi jam penggunaan gadget, serta berikan konten yang positif; pastikan tidak mengandung hal negatif seperti kekerasan dll.
Sebagai contoh dalam memberikan tontonan, Mom Donita selalu menonton terlebih dahulu tontonan yang akan diberikan pada anak. Dan jika seandainya tanpa sengaja tontonan berubah dan mengandung unsur negatif, maka disaat itu pula kita harus langsung memberitahu anak bahwa hal tersebut tidak baik dan tidak boleh ditiru.

Tambahan dari Psikolog Novita perihal membatasi waktu dalam screening time intinya ada pada orangtua, selama anak tidak melihat orangtuanya menggunakan gadget dan hadir seutuhnya untuk anak, maka anak pun akan lebih memilih untuk bermain dengan orangtua daripada gadgetnya.

Anak adalah peniru yang ulung, jika orangtua sibuk dengan gadget maka mereka pun akan ikut sibuk dengan gadgetnya. Paparan berlebih dari gadget nantinya dapat menyebabkan adiksi dan segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Adiksi terhadap gadget ternyata dapat menimbulkan speech delay karena komunikasi yang terjalin hanya satu arah dan untuk menangani speech delay ini moms memerlukan bantuan terapis. Wah lagi-lagi jangan sampai sisi negatif dari kemajuan teknologi ini berdampak pada anak kita ya moms.

Last but not least, ucapan yang kerap diulang oleh Mba Novita, "Being present is the most important thing" dan tambahan dari Mom Donita, "Anak tidak membutuhkan Ibu yang sempurna, melainkan Ibu bahagia yang bisa membahagiakan mereka." Happy Parenting, Moms! :)

Digital Parenting