Share Tips Ini:

PendidikanPerawatan Anak
Membuat anak sibuk tanpa mainan

Lebih dari sebulan ini Nathan suka saya ajak keliling komplek, atau main di garasi, memperhatikan saya siram dan potong tanaman, dia senang sekali. Tapi semenjak ada himbauan #dirumahaja saya lebih banyak ajak dia berkebun sederhana di garasi. Setiap akan bermain di luar rumah saya pasti oleskan dulu minyak telon mybaby sambil dipraktekan dan disebutkan langkah-langkah simple nya di depan si anak. Berulang kali saya lakukan hal yang sama, hingga akhirnya Nathan pun secara otomatis melakukan apa yang saya ajarkan. Jadi setiap mau main keluar rumah dia sudah langsung tahu harus gosok2 minyak telon dulu di tangan kaki dan belakang leher, lalu tidak lupa menutup nya kembali. Tips dari saya sebagai Duta Ibu Cerdas Mybaby :

- biarkan anak mengeksplore keingintahuannya

- #dirumahaja tidak membuat anak kehilangan ide bermain dan explore, kita yang harus kreatif melihat sekeliling rumah. Apa yang bisa dipakai belajar dan bermain.

- usahakan kurangi khawatir berlebih akan kotor baju dan tangan anak, toh setelah itu bisa cuci tangan dan mandi. Yang utama apa yang dia sentuh /mainkan tidak membahayakan.

- tetap awasi dan ingatkan berulang kali 'aturan mainnya' dengan kalimat sederhana dan ekspresi yang menarik.

- sebisa mungkin minimalisir kata atau kalimat berkonotasi negatif seperti 'jangan', ganti dengan contoh nyata misal tdk mau pakai telon, tunjukan ekspresi rasa gatal akibat gigitan nyamuk

- pada fase ini anak lebih menyerap tindakan dibanding kata-kata tanpa praktek nyata.

- Langkah terakhir praktekan dengan hati yang lebih legowo dan sabar

Semangat moms semua!

Oleh: Yohana WS
6 Likes
26-03-2020