Nurwinda Latifah Hanum
Membersamai Generasi Alpha dengan C-I-N-T-A dan W-A-K-T-U
Diposting pada tanggal: 18-10-2020


2 Likes
Generasi alpha adalah generasi yang lahir diatas tahun 2005. Bedasarkan pemaparan dari Psikolog Ibu Novita Tandry di Webinar MYBABY Momversity, generasi ini memiliki kekurangan pada pembelajaran etika, sopan santun, disiplin, dan daya juang serta memiliki konsentrasi yang lebih pendek. Sedangkan kelebihannya, generasi ini adalah generasi terdidik dan memiliki intelektual tinggi.

Tantangan di era digital untuk orang tua dalam mendidik anak generasi alpha adalah teknologi berkembang pesat namun tahap tumbuh kembang anak tetap sama. Disini peran orang tua sangat penting. Orang tua harus hadir, masuk dalam dunianya, mengenal mereka lebih dalam, dan akhirnya dapat menentukan pola asuh yang seperti apa yang akan diterapkan. Masing-masing anak akan memiliki pola asuh yang berbeda karena karakter mereka juga berbeda.

Anak adalah cerminan orang tua. "I Hear I Forget, I See I Remember, I Do I Understand" jadi untuk mendidik anak-anak kita harus memberikan contoh konkrit untuk mereka. Perlu orang tua ketahui bahwa usia anak 0 - 2 tahun ini ada ratusan triliun sinapsis diotak anak yang harus diisi oleh orang tua dengan hal-hal yang positif. Pada anak-anak usia 0-5 tahun mereka mampu menyerap banyak hal. Oleh sebab itu, orang tua harus berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata.

Stimulasi positif apa sajakah yang dapat diterapkan terlebih seperti di masa pandemi ini? Orang tua dapat memanfaatkan gadget sebagai alat bantu bukan pengganti orang tua dalam memberikan pengertian dan pengetahuan. Berikan juga apa yang tidak bisa gadget berikan. Apa sajakah itu? Ya, arti dari kejujuran, daya juang, kemandirian, kedisiplinan, dan practical learning. Libatkan semua kegiatan rumah dan ajaklah mereka berdiskusi "eye contact dan heart to heart".

Berikut Saya bagikan tips membersamai anak-anak belajar di masa pandemi yang biasa Saya lakukan dengan anak-anak.
1). Tawarkan anak untuk memilih beberapa kegiatan di esok hari.
2). Buatkan mereka jadwal dalam ukuran besar nanti dapat ditempel di tembok agar mereka tahu jadwal mereka.
3). Kemas kegiatan semenarik mungkin.
4). Sisipkan kegiatan outdoor seperti bersepeda, bermain di halaman, dan menyiram tanaman.

Semoga tulisan dan tips dari Saya dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi Ibu Cerdas MYBABY lainnya.

Digital Parenting