Kesehatan & Nutrisi

Makanan Sehat yang Disukai Anak

Agar anak dapat tumbuh sehat dibutuhkan asupan gizi yang optimal. Untuk itulah si kecil memerlukan makanan yang tak hanya sehat, namun juga disukainya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Di antaranya dengan menciptakan makanan yang sarat gizi.

Makanan sarat gizi adalah sepiring hidangan yang mengandung zat gizi lengkap, dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Contoh: nasi dengan lauk daging ditambah sayur buncis. Jika anak susah makan sayur, sayur dapat diparut atau diiris halus kemudian dimasukkan ke dalam makanan. Misal, nasi dengan omelet sayuran (telur, wortel, dan kacang polong).

Makanan sehat juga dapat Ibu lakukan dengan berbagai macam bahan pangan. Misal, makaroni skotel sayuran yang terdiri dari campuran makaroni, telur, daging sapi giling, wortel, brokoli, susu dan taburan keju. Makanan ini cukup beragam dan dapat memenuhi kebutuhan akan nutrisi anak dengan gizi seimbang.    

Untuk camilan anak, Ibu pun dapat menyajikan kudapan yang  sehat.  Contoh: pastel isi telur puyuh, wortel, dan kentang. Bisa juga martabak mi ditambah wortel, roti bun isi ragout sayuran, dan sebagainya. Bagaimana bila anak menyukai camilan manis? Boleh saja, namun sebaiknya camilan manis ini bukan selalu berasal dari karbohidrat sederhana (gula), namun karbohidrat kompleks, seperti dari buah-buahan segar atau sari buah.

Terakhir, agar makanan sehat dapat mengugah selera makan buah hati, penataan perlu dibuat menarik. Nasi dibentuk sesuai dengan karakter favorit anak-anak dan ditambahkan berbagai sayuran dan lauk sebagai hiasan sekaligus pemenuh gizi seimbang, umpamanya.

SHARE