5 Langkah Persiapan Sebelum Ibu Melahirkan Normal

Proses melahirkan normal yang lancar bukan hanya tentang nasib mujur ataupun kebetulan, namun terkait juga dengan upaya Ibu dalam mempersiapkan tubuh yang fit dan mental yang kuat. Kapan hal tersebut  dimulai? Sekarang! Jadi, yuk jadikan setiap hari dalam kehamilan Ibu bagian dari persiapan untuk melahirkan normal. Caranya? Ini dia:

  • Persiapan Fisik
    Melahirkan normal membutuhkan ketahanan fisik yang prima. Latihan ringan, seperti jalan pagi/sore setiap hari, akan sangat membantu membentuk stamina yang lebih kuat. Tambahkan yoga atau senam hamil rutin sebanyak 2-3kali  seminggu. Dalam kelas senam hamil atau yoga, Ibu akan belajar tentang relaksasi dan pernapasan yang amat dibutuhkan saat melahirkan normal.
  • Atur Waktu Tidur
    Proses persalinan normal merupakan sesuatu yang sulit diprediksi bisa lama, bisa juga sebentar. Satu hal yang pasti, Ibu membutuhkan kekuatan fisik untuk melahirkan normal.  Atur waktu tidur, terutama pada trimester tiga, tak hanya bermanfaat untuk membangun stamina, tapi juga memastikan Ibu memiliki tenaga untuk menyusui dan bergadang setelah bayi lahir.
  • Perhatikan nutrisi
    Nutrisi yang tepat memastikan Ibu menjalani kehamilan yang sehat. Prinsipnya selalu sama: makanlah makanan yang bergizi, bervariasi, dan gizi seimbang. Beberapa jam mendekati proses persalinan perhatikan asupan yang dapat memberi Ibu energi. Konsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, kentang, singkong, dsb. Asupan vitamin B6, seperi daging (daging merah atau unggas) serta kacang-kacangan, juga baik untuk menambah tenaga demi mendukung proses melahirkan normal yang lancar.
  • Ajak Pasangan Berpartispasi dalam Menyiapkan Persalinan
    Ajak pasangan mengikuti kelas senam hamil untuk memperoleh gambaran tentang proses persalinan normal. Biarkan ia tahu keinginan Ibu. Contoh, saat melahirkan nanti Ibu ingin ditenangkan dengan cara dipijat dan disemangati dengan kata-kata positif, dsb. Dukungan dari pasangan tercinta adalah bagian penting dari proses melahirkan normal yang sukses.
  • Tetap berpikir positif
    Bangunlah pikiran yang positif tentang melahirkan normal. Hindari mendengarkan cerita proses persalinan yang seram-seram. Percaya pada kemampuan Ibu dan tetap fokus pada tujuan akhir.

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Diaper Rash Cream Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
Powder Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Wash Aloe Vera & Avocado
LIHAT DETAIL >
SHARE