8 Cara Menyenangkan Membuat Si Kecil Gemar Membaca

Ada sebuah studi menarik di Amerika yang dilakukan Annie E. Casey Foundation tentang kesukaan membaca pada anak-anak. Meski banyak orang tua telah menanamkan cinta membaca sejak dini, namun pada saat di sekolah menengah, kebanyakan anak ternyata berhenti membaca buku, kecuali jika ditugaskan di sekolah. Apa yang terjadi? Ternyata kebiasaan membaca tidak benar-benar tertanam di masa kecil. Lalu bagaimana menumbuhkan kebiasaan gemar membaca pada Si Kecil? Berikut 8 cara menyenangkan agar Si Kecil gemar membaca :

  1.  Jangan memaksakan Si Kecil untuk belajar membaca

Mengajari Si Kecil membaca di usia dini bisa menyingkirkan kegembiraan dari kegiatan membaca. Beberapa anak yang sangat cerdas tidak belajar membaca sampai mereka berusia lebih dari tujuh tahun. Jadi tak perlu khawatir bila di masa balita, Si Kecil belum dapat membaca. Saat Ibu membacakan buku Si Kecil, kegiatan ini akan memajukan awal  pengembangan berbahasa. Pada awalnya Si Kecil hanya memerhatikan gambar dalam buku, kemudian belajar membalik halaman, kemudian menyadari ada ceritanya.  Semua ini adalah keterampilan utama dari pra-membaca.

  1. Letakkan buku di mana-mana

Mengelilingi Si Kecil dengan buku bisa membuatnya ketagihan membaca. Jangan simpan buku hanya dalam lemari, namun taruh di lantai, di ruang bermain, atau di mana pun yang memungkinkan Si Kecil mengambilnya. Biarkan Ia membawa buku ke mana-mana.

  1. Baca dengan intonasi yang interaktif

Membacakan cerita dengan intonasi suara yang lebih interaktif bukan hanya akan membuat kisah makin seru, namun juga mengajari Si Kecil cara membaca yang baik. Terbiasa mendengar cerita sejak kecil akan membuat Si Kecil yang selalu rindu membaca saat beranjak dewasa.

  1. Bawa cerita dalam kehidupan

Jika Si Kecil suka cerita tentang kucing, ajak dia melihat kucing yang ada di pekarangan. Sewaktu Ibu baru menceritakan tentang kancil dan buaya, kenapa tidak mengajak anak ke kebun binatang? Ini akan membuat Si Kecil mendapat gambaran lebih jelas mengenai cerita dalam buku.

  1. Bacakan buku bersajak

Buku-buku sajak bermanfaat karena rima dalam sajak membantu Si Kecil mengenali pengulangan bunyi. Mereka belajar kata apa yang datang berikutnya dan bagaimana rima dapat menghasilkan sajak yang indah.

  1. Ajukan pertanyaan

Ini meningkatkan pemahaman akan sebuah cerita. Tanyakan karakter mana yang paling dia suka, apa yang dia pikir akan terjadi selanjutnya, apa yang akan dia lakukan dalam situasi itu. Ini juga akan melatih Si Kecil menjadi pembaca yang baik.

  1. Jadikan buku sebagai referensi

Saat Si Kecil mendapat hadiah anak kucing, ajak ia membaca buku tentang tips merawat hewan peliharaan. Ketika ia akan terbang untuk pertama kali, cerita tentang naik pesawat dapat menarik perhatiannya. Si Kecil pun akan belajar bahwa buku dapat membantu berbagai hal dalam kehidupan.

  1. Jadikan membaca sebagai ritual harian

Siapkan "waktu membaca yang nyaman" setiap hari. Ini bisa menjadi waktu bersantai yang sempurna setelah Si Kecil mandi di sore hari atau menjelang tidur. Ritual Ibu membacakannya cerita ini akan memotivasi Si Kecil untuk gemar membaca hingga ia dewasa kelak.

Referensi:

https://www.parents.com
https://www.ahaparenting.com

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Bath Telon Plus
LIHAT DETAIL >
Set Telon Plus
LIHAT DETAIL >
Cologne Soft & Gentle
LIHAT DETAIL >
SHARE