Anak Tak Mau Mengalah, Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Balita sering menunjukkan perilaku tak mau kalah.  Meski di usia ini masih wajar, namun tak bisa dibiarkan. Sikap egosentris balita yang masih tinggi menjadi salah satu penyebab perilaku ini, selain mereka juga belum mahir membedakan baik dan buruk. Yang perlu menjadi perhatian, tanpa disadari sikap orang tua yang tidak tega melihat kekecewaan anak dapat menyuburkan perilaku tak mau kalah ini. 

Contoh, saat bermain bersama si kecil, orang tua dengan sengaja membiarkan anak selalu menang. Maksudnya mungkin baik, ingin melindungi anak dari rasa kecewa. Namun ini bisa menjadi bumerang lantaran anak menjadi tidak belajar mengenai kenyataan hidup, bahwa ia memang tidak bisa selalu menang. Anak perlu tahu bahwa tidak ada orang yang suka kalah, tetapi suatu waktu semua orang bisa mengalaminya, bahkan ketika kita merasa  sudah melakukan yang terbaik.

Jadi apa yang perlu dilakukan orang tua dalam menghadapi anak yang tak mau kalah ini? Berikut tipsnya:

  • Jelaskan bahwa setiap orang tidak bisa menjadi pemenang.

Saat anak mengalami kekalahan, tak perlu menghiburnya dan mengatakan bahwa"semua orang adalah pemenang." Setiap orang tidak bisa menjadi pemenang. Itu sebabnya  ada sebutan"pemenang" dan "pecundang."  Anak terkadang harus mengalami kekalahan, memang tidak menyenangkan, tapi itulah hidup.

  • Jelaskan tujuan permainan.

Hindari rasa frustrasi anak dengan menjelaskan poin-poin permainan sebelum Ibu dan si kecil bermain. Mengetahui aturan sebelumnya akan membuat anak lebih menerima ketika kalah. Ini juga akan menghilangkan rasa ketidakadilan.

  • Tak perlu merayakan kemenangan berlebihan.

Ketika Ibu berhasil memenangi suatu permainan melawan anak, tak perlu merayakan kemenangan secara berlebihan. Cukup buat aturan, yang kalah mengocok kartu atau membereskan mainan, misalnya.

Nah, siap bermain dengan anak? Dengan membiarkan anak sesekali mengalami kekalahan, Ibu justru memberinya hadiah yang lebih baik daripada menang, yaitu kemampuan untuk mengatasi kekecewaan.

Kategori:


Moms Know Best

Tags :

mengalahanak

RELATED PRODUCTS

Shampoo & Conditioner Soft & Shiny
LIHAT DETAIL >
Diaper Rash Cream Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
Fabric Softener Plus Ironing Aid Antibacterial Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
SHARE