Anti-Fatherless

Dads, sangat penting bagi Dads untuk melakukan segala upaya untuk terlibat aktif dalam pengasuhan si Kecil. Meskipun bukan satu-satunya faktor risiko, namun ketidakhadiran Dads (fatherless) dapat berdampak buruk untuk tumbuh kembang anak.  

Menurut penelitian yang dimuat dalam Psychology Today, ketika Dads tidak terlibat dalam kehidupan anak-anak, ada perasaan pada diri anak bahwa ia ditinggalkan dan anak-anak kerap bergumul dengan kebencian terhadap diri sendiri. Dilaporkan juga ketidakhadiran Dads bisa mengakibatkan konsep diri yang kurang dan gangguan fisik dan emosional.

Sebaliknya penelitian lain mengungkap, Dads yang menerima anak-anaknya dengan hangat, cenderung memiliki putra-putri dengan harga diri yang lebih tinggi. Hubungan Dads dan si Kecil yang penuh kasih juga akan memajukan prestasi si Kecil. Bimbingan Dads yang rasional dan disiplin yang tegas bisa membantu meningkatkan kompetensi anak.

Jangan dilupakan, anak-anak tumbuh dengan cepat, jadi sekaranglah waktunya bagi Dads untuk menjalin ikatan dengan si Kecil. Berikut  tipsnya: 

Jadikan waktu bersama sebagai prioritas

Saat pulang kerja, wajar Dads merasa lelah dan hanya ingin bersantai. Tapi ini adalah saat tepat untuk menghabiskan waktu bersama si Kecil. Berbaringlah di sofa bersama si Kecil dan ajak dia mengobrol tentang kegiatannya hari itu. Di akhir pekan, curahkan waktu sebanyak mungkin untuk mereka. Hal yang paling diinginkan anak-anak dari Dads adalah waktu kebersamaan.

Lindungi mereka

Salah satu peran Dads adalah sebagai pelindung keluarga. Ciptakan rumah yang aman bagi anak-anak, ajarkan juga prinsip-prinsip keamanan diri, seperti tidak ikut dengan sembarang orang, tidak menerima makanan dari orang lain tanpa persetujuan orang tua, dan sebagainya. 

Beri mereka pelukan

Dads tidak perlu takut untuk menunjukkan kasih sayang. Anak-anak membutuhkan kontak fisik bukan hanya dari Moms, tapi juga Dads. Jadi tak perlu ragu lagi untuk memeluk mereka dengan hangat setiap hari. 

Bermainlah 

Jangan hanya menonton TV atau bermain game online, namun tunjukkan pada anak cara bermain di luar rumah yang seru, seperti bermain petak umpet, hiking, kamping dan sebagainya.

Lakukan yang Moms lakukan

Dads perlu membantu Moms sebanyak yang Dads bisa. Bagilah tugas secara setara jika memungkinkan. Contoh, menyuapi anak makan, memandikan anak, menidurkannya, dan lain-lain. Kesempatan ini merupakan cara efektif bagi Dads menjalin hubungan dekat dengan si Kecil.

Gunakan produk perawatan terbaik untuk si Kecil

Memilih produk perawatan untuk si Kecil bisa membingungkan, namun ada satu pertimbangan yang tidak boleh dikompromikan, yakni produk harus khusus untuk anak-anak dan aman. Contoh, MY BABY Kids Hair & Body Wash Nourish & Moisturizing. Produk ini praktis karena bisa untuk membersihkan rambut dan badan anak dalam satu langkah. Kandungan Lidah Buaya & Alpukatnya baikbagus untuk menutrisi dan menjaga kelembaban kulit serta rambut si Kecil.  MY BABY Kids Hair & Body Wash Nourish & Moisturizing teruji secara klinis 99,9% Antibacterial.

Selamat menjadi Dads yang seru bagi si Kecil!

Sumber: 

www.psychologytoday.com/

www.all4kids.org

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Soap Fresh Fruity
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Wash Aloe Vera & Avocado
LIHAT DETAIL >
Set Telon Plus
LIHAT DETAIL >
SHARE