Apakah Peran Ayah Sama Pentingnya dengan Ibu?

Di masa lalu, mungkin ayah dianggap tidak tahu apa-apa soal pengasuhan anak. Peran ibu dan ayah pun tersegmentasi secara kaku. Secara tradisional, ibu adalah pengasuh yang banyak berinteraksi dengan anak-anak, sebaliknya ayah “hanya” dianggap sebagai sosok penyokong keuangan keluarga.

Kini zaman telah berubah. Di banyak rumah tangga, ayah dan ibu memiliki peran yang sama dan memiliki nilai yang setara. Apakah ini berarti peran ayah sama pentingnya dengan ibu? Penelitian menunjukkan bahwa cinta dan perhatian para ayah sama pentingnya bagi kesehatan dan kesejahteraan anak-anak, seperti halnya cinta ibu.  Secara umum, anak-anak yang memiliki ayah yang aktif berpartisipasi dalam pengasuhan, cenderung lebih pintar dan lebih sukses di sekolah dan kelak di pekerjaan.

Namun seperti kita ketahui, pengasuhan bukanlah sebuah persaingan antara Ibu dan Ayah. Gaya pengasuhan Ibu dan Ayah yang berbeda, bukan berarti buruk. Ibu mungkin memiliki peran lebih besar dalam pengasuhan dan perawatan sehari-hari anak karena secara emosional lebih dekat dengan si Kecil dan ingin selalu memberi rasa nyaman dan aman padanya.  Sementara Ayah umumnya kurang fokus dalam memberi rasa aman dan nyaman ini. Mereka  justru lebih sering menantang anak untuk melakukan berbagai hal yang membutuhkan keberanian. Dari sisi positif, gaya pengasuhan Ayah ini akan membantu anak lebih siap menghadapi kehidupan nyata.

Pahami bahwa gaya pengasuhan Ayah yang berbeda tidak berarti selalu bertentangan, namun justru bisa saling mengisi satu sama lain. Bukalah selalu ruang untuk berkomunikasi dengan Ayah dan menjadikan kepentingan si Kecil sebagai prioritas.  Bicarakan jika ada kekhawatiran, namun pertimbangkan juga manfaatnya, karena permainan dari Ayah akan membuat anak tumbuh lebih tangguh.

Pada Hari Ibu ini, mari tidak melupakan peran Ayah.  Pengasuhan si Kecil selalu membutuhkan kerja sama antara Ayah dan Ibu yang keduanya memainkan peran penting saat menjadi orang tua.  Untuk itu, tidak penting lagi peran siapa yang terbaik ketika anak tumbuh sehat dan bahagia, bukan? 

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Extra Thick Wipes Clean & Fresh
LIHAT DETAIL >
Shampoo & Conditioner Nourish & Moisturizing
LIHAT DETAIL >
Powder Biang Keringat
LIHAT DETAIL >
SHARE