Gaya Parenting untuk Generasi Alpha

Si Kecil yang lahir di tahun 2010 ke atas disebut sebagai Generasi Alpha. Mereka tumbuh di dunia di mana teknologi dan internet menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Karena itulah Generasi Alpha tumbuh dengan budaya yang agak berbeda dari Moms.

Si Kecil, misalnya, merupakan digital native yang terbiasa menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar smartphone atau perangkat teknologi lainnya. Mereka terbiasa dengan pertukaran informasi yang begitu cepat dan terbiasa menggunakan       media sosial setiap hari. 

Mengasuh Generasi Alpha bisa menjadi perjalanan menantang yang membutuhkan kesabaran, cinta, dan dedikasi. Salah satu pengasuhan yang cocok untuk Generasi Alpha adalah transformational parenting.  

Pola asuh ini berasal dari gaya kepemimpinan transformasional (transformational leadership). Para pemimpin yang dulunya mengandalkan kepemimpinan otoriter bertransformasi memilih gaya kepemimpinan yang lebih modern dengan berfokus pada memotivasi karyawannya untuk berkembang lebih baik.

Gaya kepemimpinan ini juga diadaptasi dalam pengasuhan anak-anak dan dikenal dengan transformational parenting. Berbeda dengan pola asuh otoriter yang banyak melarang anak, pada transformational parenting orang tua lebih banyak mendengarkan serta menanggapi perasaan dan pendapat anak. Anak pun didorong untuk belajar mengambil keputusan sendiri dengan dibekali batasan-batasan yang jelas dan rasional.

Nah, berikut beberapa tips umum untuk mengasuh Generasi Alpha:

Komunikasi terbuka

Beri anak kesempatan untuk mengungkapkan kekhawatiran mereka dan respons dengan penuh empati. Hal-hal kecil, seperti menanyakan bagaimana perasaan anak, juga akan berkontribusi besar terhadap kesehatan mental yang pada gilirannya mendorong perkembangan sosial dan emosionalnya.

Belajar bersama

Generasi Alpha sangat mahir dengan teknologi dan internet. Moms akan sulit menyaingi keterampilan mereka, namun Moms bisa belajar bersama mereka. Sesekali ajak anak menjelajahi dunia maya bersama dan minta mereka bercerita tentang hal-hal yang mereka temukan atau pelajari dari internet atau teknologi tersebut.     .

Penggunaan teknologi dengan bijak

Penting untuk mengedukasi Generasi Alpha tentang penggunaan teknologi dan media sosial secara bijak. Ajari mereka untuk waspada terhadap berita-berita yang tidak benar dan memilah konten yang baik untuk dilihat.  Jelaskan cara mengenali dan menghindarinya jika secara tidak sengaja terpapar oleh hal-hal tersebut.      

Tumbuhkan sikap toleran

Dorong anak  untuk belajar tentang keragaman budaya sehingga si Kecil tumbuh menjadi anak yang toleran. Ajarkan juga tentang masalah sosial untuk membantu mereka menjadi individu yang lebih berempati dan pengertian. Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan menonton video yang khusus untuk anak, sehingga mudah dipahami.

Berikan produk perawatan yang aman

Generasi Alpha pastinya membutuhkan produk perawatan untuk kebersihan dan kesehatan kulitnya. Seperti si Kecil, Moms juga bisa secara aktif mencari informasi, misalnya dari internet atau mencari rekomendasi dari Moms community, agar bisa memberikan produk-produk terbaik untuk si Kecil. Pilihlah selalu produk perawatan yang aman, seperti rangkaian produk dari MY BABY.  MY BABY merupakan merek yang sudah lebih dari 35 tahun dipercaya para orang tua karena secara konsisten menghadirkan produk perawatan bayi dan anak yang berkualitas dan telah teruji secara dermatologi. Rangkaian produk perawatan dari MY BABY membuat Moms merasa tenang dan lebih menikmati perannya saat merawat si Kecil.

Yuk terapkan dan sebarkan semangat transformational parenting dengan join #MYBABYMomversity 2023 5th Anniversary selama bulan September sampai Desember. Ada banyak acara menarik di sini, salah satunya live chat dengan ahli tentang transformational parenting.

Tidak hanya itu, Moms juga bisa ikutan Kompetisi MY BABY Momversity yang total hadiahnya hingga ratusan juta rupiah. Semua  bisa join acara seru #MYBABYMomversity2023 dan jadilah Moms yang kreatif dan inspiratif bagi si Kecil!

Sumber:

www.dprep.ac.th

www.iberdrola.com

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Milk Bath Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Soap Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Body Wash Cool & Fresh
LIHAT DETAIL >
SHARE