Haruskah Baju Bayi Dicuci Menggunakan Deterjen Baju Bayi?

Jawaban akan pertanyaan itu sangat pribadi bergantung pada masing-masing ibu. Namun tentu, setiap ibu ingin yang terbaik untuk si Kecil.  Dalam hal ini, semua pakaian bayi bisa bersih dan bebas noda, tapi yang terpenting adalah  keamanan si Kecil. Di antara pilihan detergent yang ada di pasaran, ada detergent yang diformulasikan khusus untuk bayi. Mengapa? Karena wewangian, pengawet, pewarna, dan bahan kimia lain dalam deterjen yang biasa digunakan untuk orang dewasa dapat menyebabkan ruam pada bayi, bahkan orang dewasa.

Deterjen biasa dapat memicu kondisi yang disebut dermatitis kontak, yang gejalanya bisa berupa ruam merah dan gatal yang mungkin menyebar atau terbatas pada area tertentu tubuh bayi.  Sisa detergent yang menempel pada pakaian bayi bila dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi.

Jika deterjen yang Ibu gunakan menimbulkan reaksi pada kulit si Kecil, pertimbangkan menggantinya dengan deterjen baju bayi. Nah untuk cara mencuci pakaian bayi, berikut tipsnya:

  • Sebelum mencuci pakaian bayi untuk pertama kalinya, pastikan untuk membaca label perawatan dan ikuti instruksi tersebut.
  • Khusus popok kain, harus dicuci secara terpisah dari cucian lainnya.
  • Segera bilas popok yang terkena pup di toilet lalu rendam semalaman sebelum dicuci menggunakan deterjen bayi.
  • Beberapa pakaian yang terkena noda gumoh atau noda makanan yang menempel bisa direndam di air yang sudah diberi deterjen bayi.
  • Setelah mencuci pakaian si Kecil, Ibu juga bisa menggunakan Fabric Softener yang aman untuk si Kecil untuk membuat pakaian bayi menjadi lembut dan wangi.
  • Tempatkan pakaian bayi di pengering atau gantungkan di jemuran agar kering setelah dicuci.

Salah satu deterjen baju bayi yang bisa Ibu gunakan adalah MY BABY Liquid Detergent yang terbukti aman untuk kulit sensitif bayi. Keistimewaan deterjen bayi dari MY BABY adalah memiliki kandungan:

  1. Stain fighting enzyme yang menjadikan MY BABY Liquid Detergent efektif membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian, namun tetap lembut dan merawat warna pakaian tetap cerah.
  2. Chamomile Extract sebagai anti-irritant membantu melindungi kulit bayi dari iritasi akibat gesekan pada bahan pakaian yang kurang lembut dan tetap membuatnya nyaman.
  3. Dan terakhir kandungan antibacterial pada deterjen baju bayi ini membuat pakaian tetap higienis dan tidak bau apek.
Setelah mencuci pakaian si Kecil dengan MY BABY Liquid Detergent, Ibu juga bisa menggunakan MY BABY Fabric Softener Plus untuk membuat pakaian bayi menjadi lembut dan wangi. Formula pelembut dan pewangi ini aman untuk kulit sensitif anak. Nah, MY BABY Fabric Softener Plus memiliki dua varian yaitu Sweet Floral dan Soft & Gentle yang bisa ibu pilih. Dan tentunya manfaat dari pelembut pakaian dari MY BABY ini yaitu membuat pakaian lebih wangi tahan lama, melembutkan dan melicinkan pakaian saat disetrika, menjaga pakaian tetap segar lebih lama, dan menjaga warna pakaian.

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser
LIHAT DETAIL >
Shampoo Soft & Smooth
LIHAT DETAIL >
Powder Telon Plus
LIHAT DETAIL >
SHARE