Kenali Kebiasaan Bayi pada 40 Hari Pertama Kehidupan

Bila Ibu sulit mengenali kebiasaan si kecil yang baru lahir atau sering disebut bayi 40 hari, ini sepenuhnya normal, karena biasanya mereka memang belum memiliki suatu kebiasaan tertentu. Setiap jam 6 pagi akan menyusu, misalnya, atau setiap jam 8 pagi akan tidur. Bayi 40 hari  belum mengenal waktu. Bayi akan menyusu ketika mereka lapar dan tidur ketika mengantuk. 

Dalam situs web www.thebump.com,  Cheryl Wu, dokter anak di LaGuardia Place Pediatrics, New York City,  meminta orang tua untuk tidak melawan ritme alami bayi 40 hari ini “Katakanlah karena kebiasaan bayi sangat tidak teratur, Ibu mencoba memberinya jadwal yang lebih teratur. Itu tidak akan berhasil,” kata Wu. “Beberapa bayi akan baik-baik saja, tetapi yang lain memiliki reaksi stres dan rutinitas malah menjadi kacau sepenuhnya."

Kunci untuk mengenali kebiasaan bayi 40 hari adalah dengan menanggapi isyarat-isyarat yang diberikan dan memerhatikan polanya. Contoh, bayi lapar setelah tidur siang dan bisa sedikit diajak bermain setelah menyusu karena ia sedang terjaga. Kebiasaan ini mungkin tidak tetap karena di hari-hari tertentu bayi bisa bangun lebih awal atau menyusu lebih lama. Tetapi umumnya bayi memiliki pola waktu yang tidak jauh berbeda dari satu hari ke hari berikutnya. 

Namun Wu mengingatkan untuk tidak membuat bayi terjaga terlalu lama. “Bayi yang berusia di bawah 6 bulan, dua jam setelah bangun tidur, dia harus tidur lagi,” kata Wu. “Beberapa orang tua tidak menyadari hal ini hingga bayi jadi kerap rewel karena terlalu lelah.” 

Bayi umumnya akan memiliki semacam pola yang semakin tetap setelah usia 3 bulan: jam 5 pagi bangun, lalu menyusu, mandi, bermain sebentar, menyusu kembali, dsb, namun ia masih akan terbangun 5—6 kali di malam hari untuk menyusu. Sekitar usia 6 bulan, bayi  baru masuk ke ritme tidur malam sekitar 12 jam dan hanya bangun 2—3 kali sepanjang malam. 

Supaya bayi tidur lelap, nyaman dan badannya tetap hangat, Ibu bisa memijat bayi menggunakan minyak telon, salah satunya gunakan MY BABY Minyak Telon Plus. Diformulasikan untuk menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin, menghindari gigitan nyamuk hingga 6 jam, dan sekaligus untuk minyak pijat. Dapat digunakan setiap saat sesuai dengan kebutuhan si kecil.


Referensi: https://www.thebump.com  

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Hair & Body Wash Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
Face & Body Cream Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
Essentials Gift Box Blue
LIHAT DETAIL >
SHARE