Naluri Ibu, Tanda Cinta Orangtua

“Misteri” besarnya cinta orangtua pada anak telah merebut perhatian para ilmuwan sejak dulu.  Mereka sejak lama berusaha mencari jawaban dari mana asal naluri keibuan pada wanita. Mengapa  jika Ibu mendengar bayinya menangis sangat sulit untuk mengabaikan? Mengapa Ibu memiliki dorongan yang sangat kuat untuk selalu memerhatikan dan menyenangkan bayinya? 

Setelah bertahun-tahun mengamati perubahan perilaku pada ibu, para ilmuwan mulai menghubungkan naluri keibuan yang luar biasa ini dengan reaksi di otak.  Riset yang diterbitkan oleh The National Academy Of Sciences dan dimuat dalam laman parents.com, misalnya, menunjukkan bahwa saat ibu memandang bayinya, otak akan mengirim sinyal untuk melepaskan dopamin.

Hormon dopamin adalah hormon yang memengaruhi munculnya perasaan yang menyenangkan, seperti jatuh cinta, rasa sayang, gembira, dsb. Hormon inilah yang  memainkan peran penting dalam membuat ibu merasa terikat pada bayinya.

"Ibu yang mengeluarkan lebih banyak dopamin saat memandang bayinya lebih mungkin memberikan perawatan yang optimal. Mereka lebih sensitif terhadap kebutuhan bayi dan lebih berupaya mengurus dan memenuhi kebutuhan itu,“ ujar Lisa Feldman Barret, asisten penulis dalam penelitian tersebut.

Hormon lain yang kerap dikaitkan dengan cinta orangtua pada anaknya adalah oksitosin.  Website ahaparenting.com menjelaskan ibu-ibu yang memiliki tingkat oksitosin yang lebih tinggi pada saat hamil serta masa nifas, dalam penelitian terbukti lebih memerhatikan bayi mereka. Mereka akan menyanyikan lagu khusus untuk bayi, menyusui, memandikannya dengan telaten, dan sebagainya.

Pengaruh hormon oksitosin ini, menariknya, juga berlaku untuk ayah. Semakin banyak oksitosin saat sang ayah memandang bayinya, semakin penuh kasih sayang ayah pada si Kecil.

Itulah beberapa tanda cinta orangtua bila dijelaskan secara ilmiah. Terkadang bagi beberapa ibu, alasan mencintai anak-anak mereka sangat sederhana, yaitu  mereka banyak mengalami pembelajaran,  sukacita dan kebahagiaan dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu.

Kategori:


Moms Know Best

Tags :

naluri ibu

RELATED PRODUCTS

Extra Thick Wipes Gentle Care
LIHAT DETAIL >
Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser
LIHAT DETAIL >
Mouthwash Strawberry
LIHAT DETAIL >
SHARE