Riset Membuktikan Kasih Ibu Membuat Anak Lebih Sehat

Anak-anak dengan ibu yang penuh kasih sayang akan tumbuh lebih sehat di kemudian hari. Begitu menurut hasil penelitian dari Michigan State University yang menganalisis data lebih dari 22.000 orang yang dibagi menjadi dua studi. Studi pertama mengikuti orang dewasa berusia pertengahan 40-an selama 18 tahun, sedangkan yang kedua mengikuti mereka yang berusia 50 atau lebih selama enam tahun.

Para peserta ditanyai tentang hubungan mereka dengan orang tua: apakah mereka merasa orang tua memahami mereka, seberapa banyak kasih sayang yang diberikan, dan bagaimana orang tua mengajari mereka tentang dunia. Para peserta juga ditanya penyakit yang sedang diderita, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.  Gejala depresi pun dinilai dengan menanyakan apakah mereka mengalami insomnia, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Hasilnya, para peserta yang menyimpan memori indah tentang ibu mereka ternyata lebih sehat dan memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami depresi. Menurut Dr. William Chopik, penulis utama penelitian tersebut, kenangan masa lalu akan memengaruhi tindakan seseorang di masa depan. 

Meskipun penelitian tersebut menemukan bahwa cinta ibu lebih memengaruhi masa depan anak daripada ayah, menurut Dr. Chopik, ini mungkin mencerminkan keadaan budaya pada saat ibu menjadi pengasuh utama. Dengan pergeseran budaya di mana peran ayah semakin besar, mungkin penelitian bisa berubah.

Bagaimanapun, penelitian tersebut memberi pesan bahwa kasih sayang yang ibu limpahkan  saat ini pada si Kecil akan membekas pada ingatannya. Dengan berbagai kenangan indah itu, anak akan hidup lebih bahagia dan lebih sehat. Ini adalah warisan sejati yang bisa Ibu berikan pada si Kecil karena kenangan itu akan terbawa sepanjang hayatnya.

Selamat Hari Ibu!

Sumber: Daily Mail

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Essentials Gift Box Pink
LIHAT DETAIL >
Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser
LIHAT DETAIL >
Fabric Softener Plus Ironing Aid Antibacterial Soft & Gentle
LIHAT DETAIL >
SHARE