Tips Mencari Waktu Istirahat Bagi Ibu Yang Baru Melahirkan

Tidur bagi ibu yang baru melahirkan sangat penting. Namun terkadang itu tidak mudah. Nasihat  "tidurlah saat bayi tidur" terdengar mudah dalam teori, tetapi kenyataannya bisa menjadi tantangan bagi para ibu baru. Nah, semoga tips ini dapat membantu:

  • Berbaringlah, meskipun tidak bisa tidur
    Bersantailah di sofa, jauhkan telepon genggam. Tak perlu stres bila memang tidak bisa tidur. Hanya berbaring selama setengah jam bisa memulihkan kondisi.
     
  • Mintalah bantuan
    Suami, orang tua, atau Ibu mertua dapat diminta untuk shift malam menggantikan Ibu. Bila Ibu menyusui, Ibu dapat menyimpan ASI perah dalam botol untuk persediaan di tengah malam. Sebotol ASI setara dengan dua atau tiga jam tidur. Ibu bisa menakar berapa botol yang dibutuhkan untuk mengembalikan stamina Ibu.
  • Temukan aktivitas yang merangsang tidur
    Menonton televisiatau bermain handphonebukan solusi karena cahaya dari kedua perangkat tersebut justru merangsang Ibu untuk tetap bangun. Mendengar radio lebih disarankan sebagai alat bantu tidur yang sempurna.
     
  • Batasi tamu
    Kedengarannya tidak sopan dan kurang berperasaan. Namun banyak tamu terkadang akan menguras energi Ibu. Terlebih dengan kesibukan Ibudalam menyambut kedatangan tamu, memasak, membersihkan rumah, dsb. Ini akan membuat Ibu mengalami kelelahan. Jadi bila memang perlu, batasi jumlah pembesuk.
     
  • Belajar bilang "tidak"
    Kalau selama ini Ibu selalu mengiyakan semua permintaan orang rumah, karena sedang ada bayi sebaiknya mulai belajar bilang “tidak”. Misalnya si Ayah atau si Kakak minta sesuatu yang bisa dikerjakan sendiri atau ditunda, sebaiknya minta mereka untuk mengerjakannya sendiri.

Kategori:


Moms Know Best

RELATED PRODUCTS

Powder Calm & Relax
LIHAT DETAIL >
Powder Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
Baby Bottle, Nipple, & Accessories Cleanser
LIHAT DETAIL >
SHARE