4 Fakta Menarik Menjadi Seorang Ibu

Ilmu pengetahuan telah menjelaskan berbagai hal menarik tentang hubungan unik antara Moms dan si Kecil. Misalnya, tingkat stres anak turun saat berada di dekat Moms. Eksperimen membuktikan bahwa kehadiran Moms, bahkan hanya suara di telepon saja, dapat meningkatkan oksitosin (hormon kebahagiaan) dan menurunkan kadar kortisol (hormon stres), sehingga membuat anak menjadi lebih tenang.  

Ini hanya salah satu fakta menarik menjadi seorang ibu, masih banyak fakta lainnya, berikut di antaranya:

Menjadi ibu mengubah otak New Moms

Penelitian menunjukkan lebih banyak materi abu-abu di otak New Moms setelah kelahiran bayinya. Para ilmuwan percaya bahwa hal ini disebabkan oleh hormon yang membanjiri otak selama kehamilan. Perubahan ini membuat New Moms dapat membedakan detail-detail kecil, seperti membedakan suara khas tangisan bayinya, sehingga bisa merespons kebutuhan si Kecil dengan lebih baik. 

Si Kecil membantu melindungi Moms dari penyakit

Selama kehamilan, sel yang dipertukarkan antara Moms dan si Kecil melalui plasenta akan tetap berada di tubuh Moms selama bertahun-tahun. Kondisi ini disebut dengan mikrokimerisme. Para peneliti mengatakan bahwa sel-sel ini membantu melindungi wanita dari beberapa jenis kanker, penyakit Alzheimer, dan bahkan penyakit jantung. 

Moms menghasilkan antibodi khusus untuk kebutuhan bayi

Ketika si Kecil terjangkit bakteri atau virus, tubuh Moms langsung bertindak dan meneruskan senyawa peningkat kekebalan melalui ASI. Caranya sungguh luar biasa, yakni saat mencium bayinya, Moms tertular bakteri/virus yang akan menyerang si Kecil. Dari situlah tubuh Moms memproduksi antibodi yang dibutuhkan bayi dan meneruskannya melalui ASI.

Bayi mengenali suara Moms bahkan sejak dalam kandungan

Penelitian menunjukkan jantung janin berdetak lebih cepat ketika ibunya membacakan puisi, dibandingkan saat orang asing yang membacakannya. Penelitian juga menunjukkan setiap kali bayi merasakan kasih sayang ibu, bahkan hanya dengan memandang senyuman Moms, detak jantung bayi akan lebih tenang dan ini berlaku dua arah untuk Moms juga. Saat Moms melihat senyuman si Kecil, Moms pun akan lebih tenang dan bahagia. 

Selamat Hari Ibu dan selamat menjalankan pekerjaan terhebat dalam hidup ini!

Sumber:

https://www.vox.com/

https://timesofindia.indiatimes.com

Kategori:


Perawatan Anak

RELATED PRODUCTS

Minyak Telon Plus Eucalyptus
LIHAT DETAIL >
Fabric Softener Plus Ironing Aid Antibacterial Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
Hair & Body Wash Sweet Floral
LIHAT DETAIL >
SHARE