Pijat Bayi Bisa Optimalkan Tumbuh Kembang

Pijat bayi bukan hanya cara menikmati waktu bersama si Kecil, namun juga membantu menjalin bonding dengannya. Sensasi sentuhan saat pijat merupakan stimulasi indera yang menurut penelitian dapat meningkatkan perkembangan dan kesehatan bayi secara keseluruhan. 

Studi menemukan bahwa bayi prematur yang dipijat tiga kali sehari selama 15 menit, misalnya, mengalami kenaikan berat badan 20-47 persen* lebih banyak dan pulang dari rumah sakit rata-rata enam hari lebih awal dibandingkan bayi prematur yang tidak dipijat.

Memijat bayi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil, membantu mendorong perkembangan otot dan mengurangi stres. Ibu dapat mulai memijat bayi dengan lembut di minggu-minggu pertama setelah si Kecil lahir. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat pijat bayi:

Ruangan untuk pijat

Lakukan pijat bayi di ruangan yang nyaman dengan pencahayaan redup. Pastikan suhu AC tidak terlalu dingin, karena pakaian bayi akan dilepas saat dipijat. Baringkan bayi telentang di atas alas yang lembut atau permukaan datar yang aman.

Pakaian untuk pijat

Ibu dapat memijat bayi dengan semua pakaian bayi dilepas atau hanya menggunakan popok sebagai antisipasi bila si Kecil BAK atau BAB. Pilih yang kira-kira akan membuat bayi lebih nyaman.

Gerakan saat memijat

Jangan memijat bayi seperti memijat orang dewasa. Gunakan jari-jari Ibu untuk mengusap  tubuh bayi dengan lembut, jangan menekan terlalu keras.  Tujuan pijat bayi adalah membuat bayi nyaman dan akrab dengan sentuhan Ibu.

Minyak untuk pijat bayi

Hindari minyak untuk orang dewasa karena bisa terlalu panas untuk kulit bayi. Ibu bisa menggunakan MY BABY Oil Plus Citronella untuk memberikan pijatan lembut Ibu. MY BABY Oil Plus Citronella memiliki 5 Kebaikan, Formula lembut nya sesuai untuk pijat bayi, sudah teruji klinis dan keharuman MY BABY Oil Plus Citronella pun begitu lembut. Selain itu, MY BABY Oil Plus Citronella juga dapat melindungi si Kecil dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Siap memijat si Kecil?

Sumber:

*www.neliti.com

www.thebump.com

Kategori:


Perawatan Anak

Tags :

Pijat Bayi,

RELATED PRODUCTS

Lotion Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
Toothpaste Orange
LIHAT DETAIL >
Set Healthy & Protect
LIHAT DETAIL >
SHARE