Sering Bikin Penasaran, Newborn Mandi Berapa kali

Memandikan newborn memang bisa bikin khawatir sehingga wajar kalau Ibu gundah ketika harus memandikan si Kecil yang baru lahir karena belum terbiasa. Kegiatan memandikan bayi memang membutuhkan latihan dan kepercayaan diri Ibu.

Kabar baiknya, newborn belum banyak bergerak sehingga tubuh mereka tidak sering berkeringat dan kotor sehingga tidak perlu mandi sesering orang dewasa. Berapa kali newborn perlu mandi? Frekuensi bergantung pada kondisi. Satu yang jelas, sampai tali pusarnya terlepas, newborn tak perlu mandi berendam.

Sebagai gantinya, Ibu cukup mengelap newborn dengan waslap.  Biasanya mandi dengan cara ini akan berlangsung sekitar 10-14 hari setelah kelahiran bayi. Selama waktu ini, Ibu bisa memanfaatkannya untuk berlatih menangani bayi. Setelah lebih pede,  secara bertahap Ibu bisa memandikan bayi menggunakan bak mandi. Sedikit gugup di awal adalah wajar. Percayalah dengan berlatih terus Ibu kelak akan lebih terampil.

Lalu berapa kali newborn yang sudah lepas tali pusarnya harus mandi? Biasanya bayi baru lahir tidak perlu dimandikan dua kali sehari seperti orang dewasa, cukup satu kali sehari. Namun ini, sekali lagi, kembali pada kondisi.  Bila si Kecil banyak bekeringat karena cuaca panas, tentu boleh-boleh saja jika Ibu mau memandikannya. Pilih waktu di mana Ibu sedang santai sehingga memandikan bayi bisa menjadi momen menyenangkan sekaligus menjalin kedekatan dengan si Kecil.

Gunakan sabun yang diperuntukkan khusus bayi, seperti MY BABY Hair & Body Wash.  Sabun sekaligus shampoo ini aman dan lembut untuk newborn karena sudah teruji klinis tidak menyebabkan iritasi.  MY BABY Hair & Body Wash 99% efektif membersihkan tubuh bayi dan melindunginya dari kuman, serta dapat membantu melembapkan, menutrisi, dan menyehatkan kulitnya. Selain itu, dapat membantu pertumbuhan rambut bayi, menghaluskan dan melindungi kulit kepala dari kekeringan. MY BABY Hair & Body Wash pun tidak licin, mudah dibilas, dan formulanya tidak pedih di mata, jadi Ibu tak perlu khawatir saat memandikan si Kecil.

Sumber:

www.mayoclinic.org

Kategori:


Perawatan Anak

RELATED PRODUCTS

Face & Body Cream Nourish & Smooth
LIHAT DETAIL >
Minyak Telon Plus Eucalyptus Longer Protection
LIHAT DETAIL >
Liquid Detergent
LIHAT DETAIL >
SHARE