Perawatan Bayi

3 Manfaat Memandikan Bayi yang Harus Diketahui

Mandi teratur selain penting untuk menjaga kebersihan tubuh si kecil, ternyata juga merupakan kegiatan penting untuk tumbuh kembang optimal bayi. Berikut tiga alasannya:

  • Momen intim

Waktu mandi bisa menjadi momen intim Ibu dengan si kecil tanpa ada gangguan. Tidak ada tv, tidak ada hp, tidak ada internet di laptop. Sepanjang waktu mandi, Ibu akan memeluk bayi,bermain, dan tertawa bersamanya. Meski perhatian yang intim dan konsisten ini hanya berlangsung beberapa menit, penelitian menunjukkan waktu mandi adalah salah satu saat paling penting untuk perkembangan kognitif bayi, membantu merangsang dan memperluas kemampuan otak, serta interaksi sosial si kecil.

  • Waktunya sentuhan

Waktu mandi juga merupakan waktu untuk sentuhan. Sentuhan sangat penting untuk perkembangan kognitif dan emosional bayi. Ketika Ibu mengusapkan sabun ke kulit bayi dengan lembut, ini akan merangsang saraf vagus (saraf yang menghubungkan batang otak ke tubuh. Fungsi utama untuk berbicara atau menelan). Sentuhan memperlambat denyut jantung sehingga memperlambat tekanan darah, dan pada akhirnya mengubah gelombang otak ke arah relaksasi.

  • Pengalaman multi-sensori si kecil

Bukan hanya sentuhan yang membuat waktu mandi istimewa. Mandi juga merupakan aktivitas yang melibatkan indra-indra lainnya. Saat bayi melihat gelembung sabunnya yang meletus, mendengarkan percikan air, mencium aroma wangi sabun mandi, semua merupakan stimulasi multi-indra yang baik untuk perkembangan otaknya.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE