Perawatan Bayi

Langkah Mudah Atasi Kerak di Kepala Bayi

Cradle cap dalam bahasa medis disebut infantile seborrheic dermatitis. Di Indonesia kita mengenalnya sebagai kerak di kepala. 

Meski tidak enak dilihat, kerak di kepala atau yang disebut cradle cap tidak berbahaya. Biasanya cradle cap muncul di bulan-bulan pertama kehidupan bayi dan akan hilang sendiri dalam waktu 6 hingga 12 bulan.  

Penyebabnya tidak diketahui, yang jelas  cradle cap bukan karena kebersihan yang buruk atau alergi. Beberapa ahli percaya bahwa hormon yang diterima bayi dari ibunya di akhir masa kehamilan merangsang produksi kelenjar minyak pada bayi dan mengakibatkan cradle cap. Cradle cap tidak menular dan tidak mengganggu bayi, kecuali kalau memang parah biasanya akan menimbulkan rasa sedikit gatal.

Apa yang perlu Ibu lakukan? Berikut langkah mudah atasi cradle cap:

  • Gosokkan sedikit minyak minyak zaitun  pada kulit kepala bayi dan biarkan sekitar 15 menit.
  • Pijat lembut kulit kepala bayi.
  • Dengan lembut sisir serpihan kerak dengan sisir bergigi halus atau sikat lembut.
  • Keramasi kulit kepala bayi dengan sampo bayi yang lembut, seperti MY BABY Shampoo Soft & Smooth, terbuat dari bahan alami madu dan minyak zaitun, membantu merawat kesehatan rambut, menghaluskan dan melembutkan rambut si Kecil.
  • Diamkan sampo bayi selama beberapa menit untuk membantu membersihkan kerak dari kulit kepala bayi dengan menyeluruh.
  • Sisa-sisa sampo bayi di kulit kepala bayi harus dibilas sampai bersih.

Sekali lagi cradle cap umumnya tidak berbahaya, namun jika ada pendarahan atau jika cradle cap menyebar di luar kulit kepala bayi, Ibu bisa mengkonsultasikan kondisi ini pada dokter anak.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE