Perawatan Bayi

Merawat Rambut Kering Si Kecil Ternyata Tidak Sulit

Ketika si Kecil sudah melewati fase balita, pertumbuhan rambut si kecil tentu sudah semakin banyak, namun apakah rambut si Kecil tampak kering? Biasanya rambut kering selalu kelihatan tidak rapi, rapuh, serta sulit diatur sehingga Ibu harus memberikan perawatan ekstra untuk si Kecil. Berbagai hal dapat menjadi penyebab rambut kering, seperti kerap terkena terik matahari, sering berenang, pemilihan shampoo yang tidak sesuai dan sebagainya.

Berikut beberapa tips keramas untuk membantu memperbaiki dan merawat rambut kering:

  • Ketahui cara keramas yang baik: jangan digosok, tapi dipijat
    Perawatan rambut yang sehat dimulai dengan cara mencuci rambut yang baik. Awali dengan membasahi rambut anak dan tentu kulit kepalanya. Lalu pastikan menggunakan shampoo khusus untuk anak, terutama yang diformulasikan khusus melembapkan rambut. Saat keramas, jangan menggosok shampoo ke rambut dengan kasar tetapi  pijat-pijatlah dengan lembut agar memperlancar sirkulasi kulit kepala sehingga rambut yang tumbuh akan sehat. Kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada lagi busa. Lakukan keramas dua hari sekali agar rambut dan kulit kepala bersih dan sehat.
  • Hindari keramas menggunakan air hangat
    Air hangat akan menyebabkan kutikula, yang merupakan lapisan pelindung rambut, terkelupas sehingga merusak dan menghilangkan kelembapan rambut. Hasilnya, rambut si Kecil bisa semakin bertambah kering. Sebaliknya, keramas dengan air dingin akan membantu si Kecil mempertahankan kelembapan dan kekuatan rambutnya.
  • Sisir rambut  menggunakan sisir yang tepat
    Sisir bergigi lebar akan lebih baik untuk digunakan pada anak yang memiliki rambut kering, terutama yang terbuat dari kayu. Jangan menyisir saat rambut masih basah karena akan menyebabkan rambut lebih rontok, namun tunggulah hingga rambut kering kemudian baru sisir dengan lembut.
  • Hindari pengering rambut
    Hair dryer atau alat pengering rambut dapat merusak batang rambut bahkan menyebabkan rambut rontok. Sehingga rambut yang sudah kering akan semakin rusak. Biarkan rambut anak kering secara alami saja ya, Bu.
  • Pastikan menggunakan shampoo anak yang melembapkan
  • rambut kering
    membutuhkan shampoo yang mampu melembapkan rambut. Ibu bisa gunakan shampoo & conditioner MY BABY Kids dengan dua pilihan varian yaitu Soft & Shiny dan Healthy & Fresh yang mengandung Pro Vitamin B5 untuk membantu menjaga kelembapan rambut, menjadikannya halus, lembut, berkilau dan mudah diatur. Formulanya tidak perih di mata dan memiliki keharuman yang tahan lama, sehingga rambut si Kecil pun akan tampak sehat.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE