Perawatan Bayi

Agar gigi bayi tumbuh tepat waktu

Umumnya gigi susu pertama muncul di usia 6-8 bulan. Kendati demikian, tak usah cemas bila di atas usia itu, gigi susu si kecil belum juga keluar. Sebab, normalnya erupsi gigi susu terjadi pada usia 6-12 bulan. Namun Anda dapat merangsang munculnya gigi susu pada bayi. Berikut caranya.

1. Perhatikan makanan bayi
Perhatikan aturan pemberian makanan pada bayi. Baik dari segi kandungan gizi maupun tahapan pemberian makanan dari cair ke padat. Tujuannya, agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi. Sebab, selain berguna untuk tumbuh kembang, juga merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

2. Beri mainan gigit
Awalnya, gigi susu yang keluar adalah gigi seri tengah bawah, lalu secara berurutan gigi seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring, dan geraham susu kedua. Erupsinya satu per satu meski kadang ada juga yang sepasang-sepasang.

Biasanya, ketika akan erupsi (muncul atau tumbuh) gigi, si bayi lebih banyak mengeluarkan air liur dan maunya menggigit-gigit sesuatu akibat rasa gatal pada gigi. Dengan menggigit, juga dapat mempercepat keluarnya gigi. Berikan saja biskuit khusus yang agak keras atau mainan gigit dari bahan plastik yang aman buat bayi.
Dengan berbagai cara di atas, diharapkan gigi susu bayi dapat muncul atau tumbuh tepat pada waktunya.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE