Perawatan Bayi

Ini Nutrisi Penting Agar Rambut si Kecil Sehat

Siapa yang tidak gemas melihat bayi yang berambut tebal? Bunda pasti juga menginginkan hal itu terjadi pada buah hati Bunda. Bila saat lahir rambut si Kecil tidak banyak, jangan cemas dulu, karena si Kecil tetap bisa kok punya rambut tebal dan sehat.

Kuncinya, Bunda harus mengonsumsi berbagai asupan bergizi jika Bunda masih memberi ASI pada Si Kecil. Bila si Kecil sudah diberi MPASI (Makanan Pendamping ASI), Bunda dapat memberikan asupan nutrisi yang mengandung:

Protein
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang harus diberikan kepada Si Kecil agar rambutnya tumbuh lebat dan sehat. Kandungan protein bisa Bunda dapatkan dari sumber makanan seperti, daging tanpa lemak, telur, ikan, susu dan kacang-kacangan. Bunda dapat mengolah bahan-bahan tadi menjadi bubur atau nasi tim untuk si Kecil.

Asam Lemak Omega 3
Selain untuk pertumbuhan rambut, asam lemak omega 3 juga bermanfaat besar bagi seluruh tubuh terutama otak. Saat masih bayi, sumber asam lemak omega 3 ini bisa didapatkan dari ASI. Karena itu, dianjurkan bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan laut atau suplemen omega 3 DHA/EPA 1000 mg per hari. Sedangkan bila si ecil sudah dapat diberi makanan padat, Bunda bisa memasukkan ikan salmon, minyak ikan, kedelai, kacang kenari atau kembang kol ke dalam menu makanannya.

Zat Besi
Sumber zat besi dapat ditemukan pada banyak sayur-sayuran berwarna hijau tua, serta tomat, kacang merah dan kentang. Bunda dianjurkan juga mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung zat besi bila masih menyusui Si Kecil.

Vitamin
Vitamin A, B dan C punya andil dalam pertumbuhan rambut bayi yang sehat dan lebat. Buah-buahan, sayuran, kacang hijau dan gandum adalah bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A, B dan C.

Kategori:
Perawatan Bayi

SHARE